Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muncul Kluster Baru, Presiden Moon Jae-in Peringatkan Adanya Gelombang Kedua Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Mei 2020, 08:30 WIB
Muncul Kluster Baru, Presiden Moon Jae-in Peringatkan Adanya Gelombang Kedua Covid-19
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in/Net
rmol news logo Presiden Moon Jae-in memperingatkan adanya gelombang kedua infeksi virus corona baru setelah melihat adanya lonjakan infeksi harian tertinggi dalam satu bulan terakhir.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) melaporkan adanya 34 kasus harian baru pada Sabtu (9/5), yang merupakan tertinggi sejak 9 April. Angka tersebut kemungkinan akan bisa lebih tinggi karena munculnya kluster baru yang bisa melibatkan ribuan orang.

"Ini belum berakhir sampai benar-benar selesai," ujar Moon pada Minggu (10/5), seraya mengatakan gelombang kedua infeksi bisa terjadi kapan saja.

"Kita tidak boleh menurunkan kewaspadaan kita. Kita berada dalam perang yang berkepanjangan," lanjutnya dalam pidato peringatan tiga tahun pelantikan dirinya di Gedung Biru.

"Saya meminta semua orang untuk mematuhi tindakan pencegahan dan peraturan keselamatan sampai situasinya selesai, bahkan setelah melanjutkan kehidupan sehari-hari," tegas Moon seperti dimuat Reuters.

Kluster baru yang muncul di Korea Selatan terjadi di 5 klub dan bar yang dikunjungi oleh seorang pria berusia akhir 20-an yang dinyatakan positif Covid-19 pada pekan lalu.

Setidaknya ada 24 dari 26 infeksi baru yang terkat dengan orang tersebut sehingga total saat ini kasus yang terkait dengan pria tersebut menjadi 54.

KCDC mengatakan para pejabat melacak sekitar 1.900 orang telah pergi ke klub, yang dapat ditingkatkan menjadi 7.000, meminta siapa pun yang ada di sana minggu lalu untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari dan diuji.

"Kasus ini sekali lagi menunjukkan penyebaran virus yang cepat serta daya menular yang tinggi," ujar Direktur KCDC, Jeong Eun-kyeong dalam pengarahan singkat.

"Kami sedang berjuang melawan waktu untuk mencegah transmisi tambahan di komunitas lokal," lanjutnya.

Menteri Kesehatan park Neung-hoo mengatakan semua klub dan bar ditutup setelah kejadian tersebut.

Hingga saat ini, data dari Universitas Johns Hopkins menunjukkan jumlah infeksi virus corona baru di Korea Selatan menjadi 10.874 kasus dengan korban meninggal dunia tetap di 256. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA