Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuncian Dilonggarkan, Tingkat Infeksi Covid-19 Di Jerman Meningkat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Mei 2020, 09:53 WIB
Kuncian Dilonggarkan, Tingkat Infeksi Covid-19 Di Jerman Meningkat
Pasien Covid-19 dibawa menggunakan helikopter/Net
rmol news logo Tingkat infeksi virus corona baru di Jerman meningkat hanya beberapa hari setelah pemerintah sepakat untuk melonggarkan kuncian, yang memicu kekhawatiran akan adanya ledakan kasus yang tidak terkendali.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Robert Koch Institute (RKI) melaporkan, jumlah orang yang terinfeksi untuk setiap orang yang sakit atau yang dikenal sebagai tingkat reproduksi (R) telah meningkat menjadi 1,1 yang artinya jumlah infeksi sudah meningkat.

Meningkatnya infeksi Covid-19 tersebut hanya beberapa hari setelah pengumuman menghidupkan kembali perekonomian pada Rabu (6/5).

Kanselir Angela Merkel yang ditekan oleh 16 pemimpin negara bagian Jerman sepakat untuk membuka toko dan mengembalikan para siswa ke sekolah secara bertahap.

Namun dengan adanya peningkatkan infeksi, Merkel diperkirakan akan menarik "rem darurat" yang memungkinkan diberlakukannya kembali pembatasan sosial secara ketat guna menghentikan penyebaran Covid-19.

Seorang anggota parlemen dari Demokrat Sosial sekaligus profesor epidemiologi, Karl Lauterbach, memperingatkan bahwa virus corona baru dapat mulai menyebar lagi dengan cepat.

"Diperkirakan tingkat R akan melampaui 1 dan kami akan kembali ke pertumbuhan eksponensial," kata Lauterbach dalam cuitannya seperti dilansir CGTN.

"Langkah-langkah melonggarkan itu dipersiapkan dengan terlalu buruk," lanjutnya.

Pada Minggu (10/5), RKI mengatakan jumlah kasus Covid-19 yang dikonfirmasi telah meningkat setiap hari sebanyak 667 menjadi 169.218 kasus. Sementara jumlah kematian setiap hari meningkat 26 menjadi 7.395 orang meninggal dunia.

"Masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah jumlah infeksi baru akan terus berkurang seperti dalam beberapa minggu terakhir atau meningkat lagi," kata RKI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA