Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

'New Normal' Di Tengah Pandemik, KBRI Seoul Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Mei 2020, 16:26 WIB
<i>'New Normal'</i> Di Tengah Pandemik, KBRI Seoul Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik
Pelayanan publik di KBRI Seoul/KBRI Seoul
rmol news logo Di tengah pandemik Covid-19, semua orang di hadapkan dengan situasi "a new normal". Dengan begitu, KBRI Seoul juga berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan pelayanan publik para WNI di Korea Selatan meski harus berjibaku dengan aturan pembatasan sosial.

Pada Minggu (10/5), KBRI Seoul membuka pelayanan kekonsuleran, keimigrasian, konsultasi tenaga kerja dan kesehatan sembari tetap mematuhi aturan setempat, yaitu melaksanakannya di tempat yang lebih luas dengan segala protokol yang berlaku.

Tidak kurang dari 133 WNI mendapat pelayanan dari KBRI Seoul.

Sesuai dengan protokol kesehatan dari Pemerintah Korea Selatan atau "Everyday Life Quarantine" yang dicanangkan pada 22 April 2020, KBRI mengatur jarak antar indivisu di ruang pelayanan.

Guna memastikan para WNI tersebut mendapat pelayanan yang optimal dan cepat, maka KBRI merapkan pendaftaran daring. Itu juga berfungsi untuk mengontrol jumlah orang dengan pelayanan waktu yang pasti seingga bisa mengurangi risiko pengumpulan banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

"Berkat inovasi ini, lama waktu pelayanan jadi lebih singkat, tidak sampai sepuluh menit per orang," demikian pernyataan KBRI dalam keterangan tertulisnya pada Senin (11/5).

Para WNI pun menyamput baik inovasi pelayanan tersebut. Apalagi pelayanan tersebut dilakukan pada hari Minggu atau waktu libur bagi WNI di Korea Selatan. Sehingga WNI yang mayoritas merupakan pekerja migran bisa lebih leluasa tanpa perlu mengajukan cuti.

“Berangkat jam setengah 5 subuh dari Incheon dapet antrian 001, 10 menit kelar. Terimakasih All Staff KBRI Seoul," ujar seorang WNI bernama Pujo Wiyoto Sadiwangsha.

“Pelayanan luar biasa sangat kilat. Gak sampai 10 menit pasport dah diperpanjang. Mantab buat KBRI Seoul,” ujar WNI lainnya, Sanji Yori.  

Selama ini, KBRI melakukan pelayanan di hari kerja dengan pangaturan jumlah pengunjung demi memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan bersama.

Namun memahami situasi, KBRI juga merasa perlu melakukan inovasi tersebut dengan pelayanan di hari libur.

"KBRI Seoul akan terus memantau kebutuhan pelayanan publik bagi para WNI agar bisa tetap aktif dengan lebih sehat dan aman saat beraktivitas ditengah pandemik Covid-19," pungkas KBRI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA