Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

NASA Bayar Triliunan Rupiah Kepada Rusia Demi Bisa Kirim Astronot Ke Luar Angkasa

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 Mei 2020, 11:33 WIB
NASA Bayar Triliunan Rupiah Kepada Rusia Demi Bisa Kirim Astronot Ke Luar Angkasa
Program penerbangan astronot ke luar angkasa/Net
Badan pemerintah Rusia yang bertanggung jawab atas program ruang angkasa, Roscosmos mengonfirmasi telah menandatangani kontrak dengan NASA untuk penerbangan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Hari ini, sebuah kontrak telah ditandatangani untuk penangkutan satu astronot Amerika ke ISS dengan pesawat ruang angkasa berawak Rusia, Soyuz MS pada musim gugur 2002," ujar Roscosmos.

"Kami tidak mengungkapkan jumlah kontrak, karena ini adalah rahasia komersial," lanjutnya seperti dikutip Sputnik.

Sebelumnya, juru bicara NASA, Stephanie Schierholz mengatakan Amerika Serikat akan membayar Rusia lebih dari 90 juta dolar AS atau Rp 1,3 triliun (Rp 14.892/dolar AS) untuk program penerbangan astronot.

Menurut NASA, kesepakatan dengan Roscosmos akan berlangsung terus-menerus mencapai 100 miliar dolar AS atau Rp 1.489 triliun jika terjadi penundaan tambahan dalam penyiapan kapsul awak AS baru untuk misi operasional.

Pada 5 Mei, Administrator NASA, Jim Bridenstine mengatakan bahwa AS ingin mempertahankan kemitraan antariksa dengan Rusia, tetapi akan mencari hubungan "seimbang".

Hingga saat ini, AS sendiri belum berhasil memproduksi pesawat yang mampu menerbangkan astronot ke luar angkasa. Di mana saat ini SpaceX dan Boeing juga tengah mengembangkan pesawat tersebut.

ARTIKEL LAINNYA