Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menlu Wang Yi Desak Anggota SCO Agar Menentang Politisasi Covid-19 Dan Pelabelan Virus

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 Mei 2020, 06:10 WIB
Menlu Wang Yi Desak Anggota SCO Agar Menentang Politisasi Covid-19 Dan Pelabelan Virus
Menteri Luar Negeri Wang Yi/Net
Menteri Luar Negeri Wang Yi meminta kepada negara-negara Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) fokus dalam memerangi pandemik. Ia mengingatkan agar menentang politisasi pandemik, memberi label virus, dan menstigmatisasi negara tertentu.

"Saling bekerja sama secara global dan berperan penuh agar apa yang diharapkan dalam penanganan virus corona bisa maksimal,” pesan Wang selama konferensi video dengan para menteri luar negeri dari negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), seperti dikutip dari CGTN, Rabu (13/5).

SCO rencananya akan diadakan di St. Petersburg pada 22-23 Juli. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang memegang kepemimpinan bergilir SCO tahun ini.

Pertemuan akan dihadiri oleh menteri luar negeri negara-negara anggota, Sekretaris Jenderal SCO, dan direktur Komite Eksekutif Regional SCO, serta Badan Anti-Terorisme.
Para menteri luar negeri dari Cina, India, Kazakhstan, Kirgistan, Rusia, Pakistan, Tajikistan dan Uzbekistan akan saling bertukar pandangan tentang kerja sama dalam pandemik Covid-19 dan situasi internasional dan regional.

“Tidak ada yang lebih penting daripada menyelamatkan jiwa dan tidak ada yang lebih mendesak daripada kerja sama global,” kata Wang.

Wang mengatakan SCO perlu terus memperjuangkan semangat Shanghai dan visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia. Perlu memperkuat solidaritas dan koordinasi dan bertindak secara proaktif.

"Kita harus membawa 'kekuatan SCO' untuk memenangkan kemenangan awal melawan virus dan mendapatkan pembangunan ekonomi dan sosial kembali ke jalurnya di kawasan dan di luar," katanya.

Wang mengatakan negara-negara anggota SCO harus meningkatkan kerja sama Belt and Road untuk mengurangi dampak pandemik terhadap pembangunan ekonomi, menyerukan saluran cepat bagi pengusaha dan tenaga teknis serta saluran hijau untuk mengangkut pasokan dan bahan penting.

Memperhatikan bahwa tahun ini menandai peringatan 75 tahun kemenangan dalam Perang Anti-Fasis Dunia dan pendirian PBB, Wang meminta negara-negara SCO untuk menegakkan multilateralisme dan meningkatkan tata kelola global.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA