Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jelang Pelantikan Presiden Tsai Ing-wen, Kapal Perang AS Transit Di Selat Taiwan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Mei 2020, 09:08 WIB
Jelang Pelantikan Presiden Tsai Ing-wen, Kapal Perang AS Transit Di Selat Taiwan
USS McCampbell/Net
Menjelang pelantikan Presiden Tsai Ing-wen, Angkatan Laut Amerika Serikat menyatakan bahwa pihaknya telah mengangkut kapal perusak perpeluru kendali melalui Selat Taiwan.

Sepekan sebelum Tsai dilantik kembali sebagai Presiden Taiwan untuk periode kedua, ketengangan di Selat Taiwan diperkirakan akan meningkat.

Lantaran pada Kamis (14/5), Armada Pasifik AS dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya mengatakan, USS McCampbell telah transit di selat sempit tersebut, yang memisahkan Taiwan dengan China daratan. Unggahan tersebut juga ditambah dengan beberapa foto kapal yang sedang melaju.

Dikutip dari CNA, Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan, kapal itu berlayar ke selatan untuk melakukan misi seperti biasanya.

Kendati begitu, Selat Taiwan yang sangat sensitif bagi China mungkin akan meningkatkan ketegangan, baik dengan AS maupun Taiwan.

Pada dasarnya China sendiri menganggap Taiwan sebagai wilayahnya. China kerap geram dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump kepada Taiwan. Hubungan antara China dan AS juga diperburuk dengan pandemik Covid-19.

Tsai dijadwalkan akan dilantik untuk masa jabatannya yang kedua pada Rabu (20/5), setelah memenangkan pemilihan umum pada Januari. Ia telah berjanji untuk mempertahankan demokrasi Taiwan yang sangat membuat China marah.

Beberapa waktu terakhir, China dan AS juga telah meningkatkan kegiatan militer di dekat Taiwan.

Jumat lalu (8/5), Taiwan mengatakan sebuah pesawat angkatan udara China, Y-8 secara singkat telah menyeberang ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan.

Taiwan juga mengecam latihan militer China yang bertujuan sebagai upaya intimidasi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA