Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Pandemik, Topan Vongfong Hantam Filipina Dan Membuat Puluhan Ribu Orang Dievakuasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Mei 2020, 14:17 WIB
Di Tengah Pandemik, Topan Vongfong Hantam Filipina Dan Membuat Puluhan Ribu Orang Dievakuasi
Ilustrasi hantaman topan/Net
rmol news logo Topan Vongfong dengan dahsyatnya menghantam Filipina bagian tengah ketika negara tersebut berjuang untuk melawan pandemik virus corona baru.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Topan yang membawa angin kencang dan hujan lebat pada Kamis (14/5) tersebut membuat setidaknya 200.000 orang yang tinggal di daerah pantai ikut terdampak.

Kondisi tersebut membuat pemerintah kewalahan, dengan puluhan ribu orang harus dievakuasi, sementara ancaman Covid-19 terus mengintai.

Alhasil, dimuat CNA, pusat-pusat evakuasi hanya akan diperbolehkan menerima setengah dari kapasitas. Para pengungsi juga diwajibkan untuk mengenakan masker.

Melonjaknya penduduk yang terdampak juga membuat pihak berwenang meminta 47 gereja untuk menerima para pengungsi.

"Kami akan kewalahan sehingga kami memperluas evakuasi kami ke gereja-gereja," ujar Kepala Bencana di Provinsi Albay tengah, Cedric Daep.

Dengan hembusan angin hingga 190 km per jam yang disertai dengan hujan deras, Topan Vongfong juga memicu terjadinya banjir dan tanah longsor.

Topan tersebut juga berada di bawah jalur karantina virus, sehingga banyak orang yang tinggal di rumah menghindari inveksi saat Vongfong menghantam.

Saat ini, Filipina sendiri sudah melaporkan 11.618 kasus Covid-19 dengan 772 orang meninggal dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA