Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diminta Cuti Tanpa Gaji, Karyawan United Airlines Ajukan Gugatan Class-Action

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Mei 2020, 14:56 WIB
Diminta Cuti Tanpa Gaji, Karyawan United Airlines Ajukan Gugatan Class-Action
United Airlines/Net
Persoalan di tubuh industri maskapai penerbangan global semakin menjadi-jadi. Kali ini, karyawan non-serikat United Airlines Holdings Inc. mengajukan gugatan class-action karena dicutikan tanpa gaji.

Gugatan yang diajukan pada Rabu (13/5) tersebut menyatakan, karyawan manajemen dan administrasi diminta cuti selama 20 hari tanpa gaji. Itu, menurut mereka, telah melanggar persyaratan bantuan penggajian federal.

Berdasarkan gugatan tersebut, pihak maskapai sudah menandatangani perjanjian untuk menerima dana perlindungan gaji dua pekan yang lalu. Dukungan pemerintah tersebut meminta perusahaan untuk tidak memotong gaji atau mem-PHK karyawan sebelum 30 September

Namun perusahaan meminta manajemen dan pegawai administrasi untuk mengambil cuti selama 20 hari, antara 16 Mei hingga 30 September, tanpa bayaran.

"Pelanggaran United merugikan penerima manfaat yang dimaksudkan perjanjian: Karyawan United," ujar seorang karyawan yang merupakan manajer United Airlines di Bandara Internasional O'Hare, Kenneth England.

Dilaporkan Reuters gugatan yang diajukan di Distrik Illinois tersebut menyatakan karyawan United Airlines menghadapi pengurangan besar dalam upah sebagai akibat dari kebijakan tersebut.

"Gugatan ini tidak berdasar, karena kami terus mempekerjakan 100% dari tenaga kerja kami," kata United Airlines menanggapi, dalam sebuah pernyataan.

Maskapai mengatakan sedang mengambil langkah-langkah pemotongan biaya untuk mengimbangi penurunan permintaan perjalanan dan untuk mempertahankan fleksibilitas keuangan. Itu dilakukan untuk bisa bertahan di tengah krisis yang terjadi saat ini dan siap kembali terbang jika krisis sudah usai.

Di bawah UU CARES, United Airlines menerima sekitar 5 miliar dolar AS sebagai dukungan penggajian. Pihak maskapai mengaku berencana untuk memangkas setidaknya 3.400 posisi manajemen dan administrasi pada Oktober.

United Airlines juga mengatakan, puluhan ribu karyawannya sudah secara sukarela menyetujui cuti sementara tanpa gaji.

ARTIKEL LAINNYA