Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terinspirasi Rumah Sakit Darurat Wuhan, Bangladesh Buat Rumah Sakit Super Besar Dalam Waktu Tiga Pekan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Mei 2020, 15:14 WIB
Terinspirasi Rumah Sakit Darurat Wuhan, Bangladesh Buat Rumah Sakit Super Besar Dalam Waktu Tiga Pekan
Bashundhara Convention Centre Grid Hospital (BCCGH)/Net
rmol news logo Kasus Covid-19 yang melonjak di Bangladesh membuat pemerintah menyiapkan rumah sakit lapangan super besar hanya dalam kurun waktu tiga pekan.

Bangladesh yang sudah melaporkan hampir 18.000 kasus infeksi dengan 269 kematian akibat Covid-19 nyatanya memiliki rumah sakit yang sedikit untuk merawat pasien Covid-19.

Untuk itu, pemerintah membuat fasilitas baru dengan 2.084 tempat tidur di ibukota Dhaka yang akan membantu mengurangi tekanan para infrastruktur kesehatan.

"Jika kita dapat mengelola tenaga kerja yang diperlukan, kita akan dapat memberikan layanan yang jauh lebih baik di pusat isolasi ini," ujar Direktur Rumah Sakit, Ehsanul Haq Rabu (13/5), merujuk pada lebih dari 4.000 tenaga kesehatan yang dibutuhkan sebelum dapat memulai operasi.

Rumah sakit itu diberi nama Bashundhara Convention Centre Grid Hospital (BCCGH).

Dimuat CNA, rumah sakit itu terdiri dari tiga pusat konvensi dan struktur sementara besar yang berada di atas kompleks 2,5 juta kaki persegi yang dipinjami oleh Bashundhara Group, salah satu perusahaan swasta terbesar di Bangladesh.

Insinyur eksekutif proyek pembuatan rumah sakit tersebut, Masudul Alam mengatakan pembangunan BCCGH terinspirasi oleh rumah sakit darurat yang dibangun dengan kecepatan sangat tinggi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, yang menjadi episentrum pertama virus corona baru.

Totalnya, Alam mengatakan ada 250 orang yang bekerja 24 jam dalam sepekan untuk membantu membangun rumah sakit yang bernilai 3,4 juta dolar AS tersebut dalam waktu kurang dari sebulan.

Jika pasien Covid-19 terus melonjak, rumah sakit tersebut diperkirakan bisa menampung dua kali lebih banyak dari kapasitasnya, hingga 5.000 tempat tidur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA