Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bisa Mendeteksi Sel Kanker, Apakah Anjing Juga Bisa Mendeteksi Keberadaan Virus Corona?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Mei 2020, 15:47 WIB
Bisa Mendeteksi Sel Kanker, Apakah Anjing Juga Bisa Mendeteksi Keberadaan Virus Corona?
Anjing yang terlatih untuk mendeteksi sel kanker dan penyakit lainnya/Net
rmol news logo Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania tengah menguji kemampuan anjing dalam mendeteksi keberadaan virus corona pada tubuh seseorang.

Para ilmuwan yang ada di sana menguji delapan anjing yang telah dilatih selama tiga minggu dengan mengenalkan sampel urin dan liur.

Sejauh ini anjing bisa secara tepat mengenali konsentrasi rendah dari senyawa organik yang mudah menguap (Volatile Organic Compounds/VOC) yang terkait dengan berbagai penyakit seperti kanker ovarium, infeksi bakteri, dan tumor hidung, hingga keakuratan 90 persen. Sehingga para ilmuwan menduga anjing pun bisa mendeteksi virus corona

Cynthia Otto, salah seorang ilmuwan itu mengatakan anjing sudah memiliki kemampuan untuk mengendus kondisi berbahaya lainnya, sehingga diharapkan juga bisa mendeteksi virus corona.

"VOC ini hadir dalam darah manusia, air liur, urin, atau napas," katanya seperti dikutip dari Independent.co.uk.

Studi ini berharap anjing bisa membantu mengatasi pandemik virus corona dengan mengidentifikasi pasien bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala.

"Potensi dari anjing-anjing ini dan kapasitas mereka untuk bisa mendeteksi Covid-19 sangat besar," kata Otto.

Ini bukan studi yang pertama untuk melihat apakah anjing dapat dilatih mencium virus corona pada pasien. Sebelumnya, di Inggris, Universitas Durham bersama Medical Detection Dogs charity dan London School of Hygiene and Tropical Medicine sudah memulai penelitian tentang kemungkinan anjing bisa mendeteksi virus corona pada bulan lalu.

Enam anjing sedang dilatih dalam program itu, dan para peneliti berharap bahwa mereka bisa mengetahui hasil uji coba ini dalam beberapa pekan ke depan.

Claire Guest, pendiri Medical Detection Dogs, mengatakan, dengan kemampuan mengendus 0,5 detik, anjing bisa dengan cepat  mengidentifikasi orang mana yang perlu tes dan harus langsung ke isolasi untuk mencegah penyebaran lebih lanjut di Inggris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA