Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trump Pecat Inspektur Jenderal Tanpa Pemberitahuan Kongres, Demokrat Ajukan Penyelidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 17 Mei 2020, 11:40 WIB
Trump Pecat Inspektur Jenderal Tanpa Pemberitahuan Kongres, Demokrat Ajukan Penyelidikan
Steve Linick/Net
rmol news logo Para politisi Partai Demokrat di Kongres meluncurkan penyelidikan terkait pemecatan pengawas internal Departemen Luar Negeri, Inspektur Jenderal Steve Linick oleh Presiden Donald Trump.

Pengumuman pemecatan Linick sendiri tercantum dalam surat yang ditujukan Trump kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi pada Jumat malam (15/5).

Namun pada Sabtu (16/5), para politisi Demokrat di DPR dan Komite Hubungan Luar Negeri Senat mempertanyakan alasan pemecatan Linick yang dianggap memiliki motivasi politik.

"Kami dengan tegas menentang pemecatan terhadap inspektur jenderal yang bermotif politik dan memusnahkan presiden atas posisi-posisi kritis ini," ujar ketua panel DPR Eliot Engel dan Senator Bob Menendez dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penyelidikan.

Engel mengatakan, ia mengetahui bahwa pemecatan Linick merupakan hasil rekomendasi dari Menteri Luar Negeri Mike Pompeo kepada Trump. Kendati begitu, Engel merasa pemecatan tersebut kemungkinan didasari atas kesalahan yang telah dilakukan Pompeo.

Dilaporkan CGTN, pihak Departemen Luar Negeri enggan mengomentari perihal penyelidikan tersebut. Sementara jurubicara Gedung Putih mengatakan pemecatan tersebut sudah sesuai dengan saran.

Menurut informasi, Direktur Kantor Misi Asing Stephen Akard akan menggantikan posisi Linick.

Sesuai dengan Undang-Undang (UU), pemerintah harus memberitahukan kepada Kongres mengenai rencana pemecatan seorang inspektur jenderal 30 hari sebelumnya. Itu dilakukan guna memberi waktu bagi Kongres untuk mempelajari persoalan dan melakukan protes jika diperlukan.

Linick sendiri ditunjuk pada 2013 di bawah pemerintahan Barack Obama. Ia adalah inspektur jenderal keempat yang dipecat oleh Trump sejak April atau setelah sidang impeachment yang menyatakan Trump bisa melanjutkan posisinya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA