Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada, Gelombang Kedua Pandemik Covid-19 Yang Lebih Dahsyat Akan Hantam Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 18 Mei 2020, 15:57 WIB
Waspada, Gelombang Kedua Pandemik Covid-19 Yang Lebih Dahsyat Akan Hantam Eropa
Berlin Jerman saat lockdown/Net
rmol news logo Meskipun telah diprediksi, tidak seorang pun yang tahu kapan gelombang kedua pandemik Covid-19 akan datang. Negara-negara di Eropa diimbau agar bersiap diri menghadapinya karena pandemik ini belum benar-benar berakhir.

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk kawasan Eropa, Dr Hans Kluge, menyampaikan peringatan keras kepada negara-negara yang mulai mengurangi pembatasan penguncian mereka.

"Saat ini adalah waktunya persiapan, bukan perayaan," tegasnya, dalam suatu wawancara dengan media, seperti dikutip dari Express UK, Senin (18/5).

Dr Kluge menekankan bahwa, ketika jumlah kasus Covid-19 di negara-negara seperti Inggris, Prancis, dan Italia mulai turun, itu tidak berarti pandemik akan segera berakhir. Episentrum wabah Eropa sekarang di timur, dengan jumlah kasus meningkat di Rusia, Ukraina, Belarus, dan Kazakhstan.

Negara-negara di Eropa perlu meningkatkan kapasitas di rumah sakit, perawatan primer, dan unit perawatan intensif.

Dr Kluge menyarankan agar Eropa bisa berkaca dari Singapura dan Jepang yang memahami sejak awal bahwa turunnya angka kematian bukan untuk dirayakan melainkan melakukan persiapan.

"Itulah yang dilakukan negara-negara Skandinavia, mereka tidak mengecualikan gelombang kedua, tetapi mereka berharap itu akan terlokalisasi dan mereka dapat menangani dengan cepat," sebut Dr. Kluge.

Sebelumnya, wakil kepala petugas medis untuk Inggris, Profesor Jonathan Van Tam, memperingatkan bahwa virus corona akan kembali pada 29 April. Komentar tersebut diamini para pakar yang juga mengingatkan bahwa Covid-19 tepatnya kembali pada musim dingin. Saat ini, gelombang kedua Covid-19 sudah muncul di China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA