Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Kuncian Covid-19, India Harus Evakuasi Ribuan Penduduk Menjelang Hantaman Badai Super

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 18 Mei 2020, 16:09 WIB
Di Tengah Kuncian Covid-19, India Harus Evakuasi Ribuan Penduduk Menjelang Hantaman Badai Super
Ilustrasi badai/Net
rmol news logo Di tengah pandemik Covid-19, India harus tetap menghadapi ancaman badai topan yang biasanya melanda dari April hingga Desember. Pekan ini, badai siklon super diperkirakan akan menghantam pantai timur India.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menjelang hantaman badai yang diperkirakan akan terjadi pada Rabu (20/5), pemerintah India mulai melakukan evakuasi terhadap ribuan penduduk desa.

Pada Senin (18/5), tim manajemen bencana dikerahkan ke negara bagian Odisha dan Benggala Barat untuk memindahkan penduduk yang tinggal di rumah lumpur dan jerami ke tempat perlindungan.

"Kami harus mengevakuasi orang-orang dari daerah dataran rendah, dan melindungi mereka dari virus korona juga," kata seorang pejabat senior kementerian dalam negeri India seperti dimuat Reuters.

"Ini bukan tugas yang mudah," tegasnya mengakui.

Selein itu, pihak berwenang di pelabuhan Paradip, Odisha juga sudah memerintahkan kapal untuk pindah ke laut, menghindari kerusakan karena topan yang terbentuk di Teluk Bengal kemungkinan akan meningkat menjadi badai super.

"Operasi telah dihentikan. Kami sedang membersihkan lebuhan," ujar Ketua Paradip Port Trust, Rinkesh Roy.

Dalam sebuah pernyataan seorang pejabat cuaca, badai siklon Amphan kemungkinan akan menjadi lebih kuat dan menjadi badai siklon super hanya dalam waktu 12 jam ke depan. Dengan begitu, diperkirakan akan terjadi hujan lebat di wilayah timur dan selatan.

Mempersiapkan hantaman badai, Perdana Menteri Narendra Modi dijadwalkan untuk melakukan pertemuan di New Delhi guna mencari cara untuk meminimalisir kerusakan, khususnya di tengah pandemik Covid-19.

Saat ini, India sendiri sudah mencatatkan 96.169 kasus Covid-19 dengan 3.029 orang meninggal dunia.

India yang memiliki garis pantai sepanjang 7.516 km sudah dihantam lebih dari sepersepuluh dari semua siklon tropis dunia, sebagian besar dari mereka menghantam pantai timur di sekitar Teluk Benggala. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA