Farah.ID
Farah.ID

Presiden Xi Jinping Siapkan Dua Miliar Dolar AS Untuk Bantu Penanganan Covid-19

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Mei 2020, 06:12 WIB
Presiden Xi Jinping Siapkan Dua Miliar Dolar AS Untuk Bantu Penanganan Covid-19
Presiden Xi Jinping saat pidato pada pertemuan WHA/Net
China akan menyediakan 2 miliar dolar AS selama dua tahun ke depan untuk membantu negara-negara yang terdampak wabah virus corona. Presiden Xi Jinping menekankan, bantuan tersebut lebih diutamakan untuk negara-negara berkembang.  

Xi membuat pernyataan itu pada pembukaan sesi ke-73 Majelis Kesehatan Dunia (WHA) melalui tautan video atas undangan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Untuk merangsang kerja sama internasional melawan Covid-19, China akan menyediakan 2 miliar dolar AS selama dua tahun ke depan untuk membantu memerangi virus corona dan pembangunan sosial dan ekonomi di negara-negara yang terkena dampak, terutama di negara-negara berkembang,” kata Xi jinping dalam konferensi video, seperti dikutip dari GCTN, Senin (18/5).

Xi juga menyampaikan ungkapan duka atas setiap korban meninggal karena Covid-19.

"Di Tiongkok, setelah melakukan upaya yang melelahkan dan pengorbanan yang besar, kami telah mengubah gelombang virus dan melindungi kehidupan dan kesehatan rakyat kami," kata Xi kemudian.

Dalam pidatonya, Xi membuat enam proposal untuk mengendalikan Covid-19. Tugas yang paling mendesak menurutnya adalah melakukan kontrol,  menghentikan penyebaran virus, dan menghentikan transmisi lintas batas sesegera mungkin.

Xi mendesak dunia untuk memberikan dukungan yang lebih besar bagi Afrika, sebagai negara berkembang dengan sistem kesehatan masyarakat yang lebih lemah. Menurut Xi, itu harus menjadi prioritas utama dunia dalam  tanggapan Covid-19.

"Kita harus memperkuat tata kelola global di bidang kesehatan masyarakat," kata Xi, yang mendukung bahwa tugas-tugas tanggapan terhadap Covid-19 harus didasari oleh sains dan profesionalisme, serta dipimpin oleh WHO dan dilakukan secara objektif dan tidak memihak.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA