Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inspektur Jenderal Yang Dipecat Donald Trump Ternyata Sedang Investigasi Proyek Penjualan Senjata Miliaran Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 Mei 2020, 08:57 WIB
Inspektur Jenderal Yang Dipecat Donald Trump Ternyata Sedang Investigasi Proyek Penjualan Senjata Miliaran Dolar AS
Steve Linick/Net
rmol news logo Proyek penjualan senjata Amerika Serikat ke Arab Saudi yang bernilai miliaran dolar AS ternyata belum mendapatkan persetujuan Kongres.

Adalah Inspektur Jenderal Steve Linick yang melakukan investigasi mengenai proyek tersebut. Linick yang merupakan pengawas internal Departemen Luar Negeri AS kemudian dipecat secara tiba-tiba oleh Presiden Donald Trump atas rekomendasi Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

Dua pejabat Kongres yang menyelidiki pemecatan Linick mengungkapkan, investigasi yang sedang dilakukan olehnya kemungkinan menjadi faktor keputusan Trump, seperti yang dilansir CGTN.

Pemecatan Linick diketahui terjadi pada Jumat malam (15/5) dan tanpa sepengetahuan Kongres. Padahal, untuk memecat seorang Inspektur Jenderal, Trump harus terlebih dulu melapor pada Kongres.

Mengenai investigasi yang dilakukan Linick, pada pertengahan 2019, pemerintahan Trump mengeluarkan deklarasi darurat yang mendorong munculnya kesepakatan senjata senilai 8 miliar dolar AS dengan Kerajaan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Kesepakatan itu, lagi-lagi, tanpa persetujuan Kongres. Pasalnya, DPR yang dipimpin Demokrat memblokir penjualan senjata melalui resolusi yang kemudian diveto oleh Trump pada Juli 2019. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA