Farah.ID
Farah.ID

WNI Di AS Kirim Bantuan Bagi Warga Terdampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 20 Mei 2020, 11:06 WIB
WNI Di AS Kirim Bantuan Bagi Warga Terdampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia
Pembagian sembako yang dilakukan oleh Organisasi nirlaba Indonesian Community of New England Inc.(Icone) di tiga kota di Indonesia/Icone
Pandemi virus corona atau Covid-19 membangkitkan kembali semangat persatuan dan gotong royong masyarakat Indonesia.

Setidaknya hal itu yang ditunjukan oleh sejumlah warga Indonesia di Amerika Serikat. Meski tengah berada di tanah rantau, mereka menunjukkan kepedulian terhadap sesama masyarakat Indonesia di tanah air yang terdampak oleh pandemi virus corona, dengan cara menggalang dana dan memberikan bantuan.

Penggalangan dana itu sendiri diprakarsai oleh organisasi nirlaba Indonesian Community of New England Inc. (ICONE) yang berpusat di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat.

Penggalangan dana itu kemudian diteruskan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang mengalami kondisi sosial dan ekonomi memprihatinkan akibat pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Puluhan masyarakat Indonesia yang tersebar di Massachusetts, New Hampshire, Rhode Island, Connecticut, Maine, Vermont sampai dengan New York, Philadelphia, dan Virginia ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana yang bertajuk "ICONE Berbagi" itu.

Hasil penggalangan dana kemudian diberikan dalam bentuk bantuan sembako dan masker bagi masyarakat di Medan, Jakarta, dan Pangkalpinang.

Mereka menargetkan para pekerja harian yang terkena PHK, lansia terlantar, anak-anak yatim, serta kelompok orang miskin untuk diberikan bantuan di tiga kota tersebut.

"Walaupun sedang berada jauh dari tanah air tercinta, dengan segala keterbatasan dalam situasi pandemik ini, kami berharap bantuan sembako yang diberikan dapat sedikit mengurangi kesulitan saudara-saudara kita yang penghidupannya terganggu akibat pandemik Covid-19," ujar Presiden ICONE, Olla Chas, dalam keterangan yang diterima redaksi (Rabu, 20/5).

Pemberian bantuan itu dilakukan melalui sahabat-sahabat ICONE di kota-kota tersebut, semua paket bantuan sembako ditargetkan dapat diterima langsung oleh mereka yang membutuhkan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

ARTIKEL LAINNYA