Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ancaman Keamanan Kian Meningkat, Pemimpin Militer China Minta Tambah Anggaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 Mei 2020, 13:14 WIB
Ancaman Keamanan Kian Meningkat, Pemimpin Militer China Minta Tambah Anggaran
Pasukan Militer China/Net
rmol news logo Ancaman keamanan yang terjadi belakangan ini membuat para pemimpin militer China berupaya mencari cara agar anggaran pertahanan mereka bisa ditingkatkan. Para pemimpin berharap kebutuhan tersebut bisa dibahas pada Kongres Rakyat Nasional  (NPC) yang dimulai  Jumat (21/5).

Pasukan militer membutuhkan sumber daya, apalagi dengan adanya konfrontasi Amerika Serikat. Untuk tahun ini, China menghadapi banyak ancaman yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu dari AS,  di mana pesawat pembom AS melakukan sekitar 40 penerbangan di atas wilayah yang diperebutkan di Laut China Selatan dan China Timur sepanjang tahun ini.

Kapal perang Angkatan Laut AS juga telah berlayar di daerah itu pada periode yang sama.

"Beijing merasa ancaman keamanan yang ditimbulkan oleh AS dan negara-negara asing lainnya meningkat, sehingga Tentara Pembebasan Rakyat menginginkan peningkatan anggaran untuk mendukung modernisasi militer dan pelatihan siap tempurnya," kata Song Zhongping, seorang komentator militer yang berbasis di Hong Kong kepada South China Morning Post, Rabu (20/5).

Sumber di militer mengatakan, PLA mengharapkan kenaikan 7,5 persen anggaran militer tahun ini dibandingkan pada 2019. Sumber lain mengharapkan kenaikan 9 persen.

China mengumumkan pengeluaran pertahanan 1,18 triliun yuan (176 miliar dolar AS) saat NPC pada Maret 2019. Jumlah itu merupakan yang terbesar kedua di dunia. Namun Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm memperkirakan pengeluaran pertahanan China sebesar 261 miliar dolar AS, sedikit lebih dari sepertiga anggaran militer AS yang mencapai 732 miliar dolar.

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping, selaku pemimpin Komisi Militer Pusat China, pada Januari lalu memerintahkan PLA untuk meningkatkan kapasitas tempurnya. Ini menjadi tanda kemungkinan penambahan anggaran bisa disetujui.

Xi juga menitahkah untuk bersiap-siap memenangkan perang ketika ia meletakkan rencana ekspansi militernya di kongres nasional Partai Komunis pada 2017. Pesannya tidak berubah sampai saat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA