Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Penularan Covid-19, Qatar Airways Ganti Seragam Pramugari Dengan APD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 20 Mei 2020, 18:00 WIB
Antisipasi Penularan Covid-19, Qatar Airways Ganti Seragam Pramugari Dengan APD
Pramugari Qatar Airways berpose di dalam kabin pesawat dengan mengenakan APD/CNN
rmol news logo Seragam pramugari menjadi salah satu ciri khas setiap maskapai penerbangan di dunia. Namun, pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi memaksa maskapai-maskapai untuk putar otak agar tetap bisa menjalankan bisnisnya namun tetap menjaga keamanan dan keselamatan awak pesawat, termasuk pramugari.

Salah satu maskapai top dunia, Qatar Airways memiliki cara tersendiri untuk tetap bergeliat di tengah pandemi.

Maskapai ini mengumumkan bahwa awak pesawat, termasuk pramugari yang bertugas dalam penerbangan akan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

APD yang dimaksud mencakup jas hazmat, sarung tangan, masker serta kacamata khusus untuk mencega penularan virus corona.

Bukan hanya itu, pihak maskapai juga akan meminta penumpang untuk mengenakan penutup wajah atau masker di semua penerbangan Qatar Airways mulai 25 Mei mendatang.

Menurut pernyataan resmi yang dirilis pihak maskapai, seperti dikabarkan CNN (Rabu, 20/5), awak kabin Qatar Airways telah mengenakan APD, seperti masker dan sarung tangan, selama penerbangan selama beberapa minggu belakangan.

Namun, langkah sementara untuk keamanan itu resmi diperkenalkan pekan ini.

"Di Qatar Airways, kami telah memperkenalkan langkah-langkah keamanan tambahan ini di atas penerbangan kami untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan penumpang dan awak kabin kami, dan untuk membatasi penyebaran virus corona," kata Kepala Eksekutif Qatar Airways Group Akbar Al Baker.

"Sebagai maskapai penerbangan, kami mempertahankan standar kebersihan setinggi mungkin untuk memastikan bahwa kami dapat menerbangkan orang ke rumah dengan aman selama waktu ini dan memberikan jaminan yang lebih besar bahwa keselamatan adalah prioritas nomor satu kami," sambungnya.

Selain itu, langkah keamanan lainnya yang diambil oleh pihak maskapai adalah dengan melengkapi kabin dengan botol besar pembersih tangan, yang dapat digunakan oleh awak kabin dan penumpang.

Keputusan ini diambil pihak Qatar Airways selang beberapa pekan setelah sejumlah maskapai lain, seperti Philippines Airlines dan AirAsia dilaporkan meluncurkan seragam baru yang menggabungkan APD dengan seragam pramugari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA