Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peneliti Harvard: Monyet Punya Antibodi Alami Untuk Sembuhkan Diri Dari Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 21 Mei 2020, 10:26 WIB
Peneliti Harvard: Monyet Punya Antibodi Alami Untuk Sembuhkan Diri Dari Covid-19
Monyet/Net
rmol news logo Dua penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan Harvard menunjukkan primata yang terinfeksi Covid-19 cenderung mengembangkan kekebalan alamiah.

Penelitian yang dirilis di Journal Science pada Rabu (20/5) tersebut juga berhasil mengujicobakan vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan, melansir CGTN.

Dalam salah satu penelitian, para ilmuan menginfeksi sembilan monyet dengan Covid-19 dan mereka berhasil pulih. Setelah itu, mereka kembali terkena virus namun tidak jatuh sakit.

Meski para ilmuan berasumsi antibodi yang dihasilkan bersifat protektif, namun hanya ada sedikit bukti ilmiah yang kuat untuk mendukungnya.

"Temuan menunjukkan bahwa mereka (para monyet) mengembangkan kekebalan alami yang melindungi terhadap paparan ulang. Ini berita bagus," ujar peneliti di Pusat Penelitian virologi dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC), Boston, bernama Dr. Dan Barouch.

Sementara itu, dalam penelitian kedua, para ilmuan melibatkan 25 monyet. Semua diuji menggunakan enam vaksin prototipe untuk melihat apakah antibodi yang dihasilkan sebagai respons bersifat protektif.

Mereka kemudian terpapar virus bersama 10 hewan kontrol. Semua hewan kontrol menunjukkan tingkat virus yang tinggi di hidung dan paru-paru mereka, tetapi pada hewan yang divaksinasi, terlihat tingkat perlindungan yang substansial.

"Data ini akan dilihat sebagai kemajuan ilmiah," kata Barouch.

Saat ini, dunia tengah menunggu munculnya vaksin Covid-19 untuk menghentikan penyebaran infeksi. Di mana menurut Universitas Johns Hopkins, saat ini virus tersebut sudah menginfeksi 4,9 juta orang dengan lebih dari 328 orang meninggal dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA