Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Percaya Diri, Thailand Pun Perpanjang Status Darurat Covid-19 Hingga Akhir Juni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 21 Mei 2020, 13:33 WIB
Belum Percaya Diri, Thailand Pun Perpanjang Status Darurat Covid-19 Hingga Akhir Juni
Bandara Suvarnabhumi, Thailand. Pemerintah Thailand menutup sekolah sampai arena sabung ayam selama dua pekan menghindari penularan virus corona/Net
rmol news logo Pemerintah Thailand memandang perlunya upaya pencegahan penularan virus corona dengan lebih serius. Walau beberapa bisnis mulai dibuka dan jam malam dilonggarkan, namun kekhawatiran akan munculnya kembali virus corona masih membuat Thailand tidak percaya diri.

Badan keamanan Thailand pun memperpanjang penggunaan dekrit darurat untuk satu bulan lagi, setidaknya sampai akhir Juni.

Sekretaris Jenderal Dewan Keamanan Nasional Jenderal Somsak Rungsita mengatakan pada pertemuan komite tentang pelonggaran pembatasan Covid-19, yang ia pimpin, bahwa pemerintah telah merekomendasikan perpanjangan dekrit darurat hingga 31 Juni, karena situasi global masih mengkhawatirkan.

Menurutnya, meskipun Thailand telah berhasil mengendalikan penyebaran virus corona, diperlukan kehati-hatian ekstra untuk mencegah kemungkinan penyakit Covid-19 fase kedua setelah berkurangnya penguncian nasional.

"Jika wabah kedua terjadi, kerusakan akan lebih parah," kata Somsak, seperti dikutip dari Bangkok Post, Kamis (21/5).

Karena itu, komite ad hoc memutuskan untuk merekomendasikan memperpanjang keputusan darurat, yang akan berakhir pada 31 Mei, untuk satu bulan lagi. Resolusi akan diteruskan ke Pusat Administrasi Situasi Covid-19.

"Dalam periode pelonggaran Fase 2 saat ini, pemerintah perlu menunggu setidaknya 14 hari untuk menilai apakah lebih banyak relaksasi pembatasan akan mengarah pada wabah virus lebih lanjut." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA