Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Deportasi Migran Terinfeksi Covid-19, Presiden Guatemala Kecam Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 22 Mei 2020, 13:44 WIB
AS Deportasi Migran Terinfeksi Covid-19, Presiden Guatemala Kecam Trump
Presiden Guatemala, Alejandro Giammattei/Net
rmol news logo Presiden Guatemala, Alejandro Giammattei mengecam Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang telah mendeportasi migran yang terinfeksi virus corona baru.

Giammattei mengatakan pada Kamis (21/5), deportasi tersebut telah menambah tekanan bagi lemahnya sistem kesehatan Guatemala dan semakin menyesakkan pusat karantina di sana.

"Guatemala adalah sekutu bagi Amerika Serikat, Amerika Serikat bukan sekutu untuk Guatemala," ujarnya kepada Dewan Atlantik, yang merupakan lembaga think tank urusan internasional yang berbasis di Washington.

"Kami memahami bahwa Amerika Serikat ingin mendeportasi orang, kami memahami itu. Tetapi yang tidak kami pahami adalah mereka mengirimi kami penerbangan yang terkontaminasi," paparnya seperti dimuatCNA.

Dari 2.000 kasus Covid-19 di Guatemala, sebanyak 100 di antaranya merupakan migran yang dideportasi dari AS.

"Tidak apa-apa mereka mengirimi kami orang-orang yang dideportasi, itu adalah masalah kita, pasti, tetapi juga masalah Amerika Serikat. Jadi kita harus berbagi masalah, kita harus adil," tambah Giammattei.

Lebih lanjut, mantan dokter tersebut juga mengecam kegagalan AS mengirim pasokan medis Guatemala.

"Kami melihat bagaimana Amerika Serikat telah membantu negara-negara lain, termasuk dengan ventilator, kami bahkan belum pernah makan jagung," keluh Giammattei.

Dalam sebuah pernyataan setelah komentar Giammattei, Kedutaan Besar AS di Guatemala mengatakan AS sedang mencari cara untuk membantu Guatemala. Termasyk komitemen 2,4 juta dolar AS yang akan diberikan melalui perawatan klinis, pemeriksaan kesehatan masyarakat di titik masuk perbatasan, dan pasokan medis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA