Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Perbatasan, PM Spanyol Umumkan Masa Berkabung 10 Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 24 Mei 2020, 10:22 WIB
Buka Perbatasan, PM Spanyol Umumkan Masa Berkabung 10 Hari
Spanyol/Net
rmol news logo Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk turis dan segera menyelenggarakan pertandingan sepak bola sebagai bagian dari fase pelonggaran dari kuncian nasional.

Demikian pengumuman yang disampaikan oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez pada Sabtu (23/5) dalam konferensi pers yang disiarkan di televisi.

"Mulai Juli, pariwisata asing akan kembali dalam kondisi aman. Kami akan menjamin para wisatawan tidak akan mengambil risiko apa pun dan tidak akan membawa risiko apa pun," ucapnya seperti dilansir Reuters.

Lebih lanjut, Sanchez juga mengatakan, pertandingan sepakbola papan atas, La Liga, akan dilanjutkan pada 8 Juni dengan pertandingan yang dimainkan di stadion kosong.

Ekonomi Spanyol sendiri sangat ditopang oleh pariwisata dan olahraga sepak bola. Wisatawan asing di Spanyol bisa menyumbang sekitar seperdelapan dari output wkonomi Spanyol.

Pengumuman Sanchez dilakukan di tengah-tengah adanya protes karena ekonomi Spanyol yang hancur akibat kuncian.

Pada Sabtu, warga Spanyol melakukan unjuk rasa menuntut agar Sanchez dan wakilnya, Pablo Iglesias untuk mengundurkan diri karena dianggap tidak becus dalam penanganan krisis Covid-19, khususnya terkait kejatuhan ekonomi.

Pasalnya, pada Maret saja, hampir satu juta pekerjaan hilang ketika penguncian dimulai dan Bank Spanyol memperkirakan ekonomi akan berkontraksi hingga 12 persen tahun ini.

Sementara itu, jumlah infeksi virus corona baru di Spanyol saat ini berada di angka 235.290 kasus dengan 28.678 orang meninggal dunia.

Untuk menghormati para korban, Sanchez juga mengumumkan masa berkabung nasional 10 hari yang dimulai Selasa (26/5). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA