Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Istri Xi Jinping Ternyata Masuk Dalam Daftar Duta Goodwill WHO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 25 Mei 2020, 09:01 WIB
Istri Xi Jinping Ternyata Masuk Dalam Daftar Duta Goodwill WHO
Presiden Xi Jinping dan istri, Peng Liyuan/Net
rmol news logo Selama ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki Duta Goodwill dalam tugas-tugas kesehatan. Duta Goodwill adalah orang-orang yang terpilih karena reputasi dan keahilannya di bidang profesi tertentu yang diakui PBB.

Nama istri Presiden Tiongkok Xi Jinping, Peng Liyuan, ternyata ada dalam daftar sembilan Duta Goodwill WHO. Namun, dalam profilnya tidak disebutkan bahwa Peng Liyuan adalah istri presiden Tiongkok.

"Dia bintang besar bersinar dengan pemuja yang banyak dan penuh hormat," tulis WHO pada profil Peng Liyuan, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (24/5).

WHO juga menulis, Peng Liyuan sebagai Duta Goodwill untuk tuberculosis dan HIV/AIDS sejak 3 Juni 2011.

Belum diketahui apa alasan WHO tidak menyebutkan status Peng Liyuan sebagai istri Xi Jinping.

Peng Liyuan merupakan tokoh berpengaruh setelah suaminya, Xi Jinping. Selain sebagai ibu negara, ia memegang jabatan penting lainnya, baik di pemerintahan, Partai Komunis China, dan di masyarakat.

Peng Liyuan juga memiliki latar belakang militer, dengan pangkat mayor jenderal di Angkatan Darat China. Peng meniti karir militernya dari usia 18 tahun, dengan masuk sebagai anggota Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat pada 1980.

Dia menikah dengan Xi Jinping tahun 1987. Setelah menjadi istri presiden Xi, Peng Liyuan aktif menghadiri pertemuan internasional.

Ini bukan pertama kalinya masalah pemilihan Duta Goodwill WHO disorot. WHO mendapat tekanan dari para pendonor ketika Robert Mugabe, presiden Zimbabwe dipilih sebagai Duta Goodwill WHO tahun 2017.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus adalah orang yang menyetujui pengangkatan Mugabe sebagai Duta Goodwill ketika itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA