Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saling Klaim Tidak Ingin Ribut, Lalu Mengapa China - India Sering Memanas Di Perbatasan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 26 Mei 2020, 13:11 WIB
Saling Klaim Tidak Ingin Ribut, Lalu Mengapa China - India Sering Memanas Di Perbatasan?
Perbatasan India - China di dekat sektor Naku La di Sikkim, lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut di kawasan Himalaya/Net
rmol news logo Ketegangan China dan India di perbatasan sudah sering terjadi. Beberapa minggu lalu ketegangan itu meningkat bahkan hingga menimbulkan korban luka berat. Namun, belum ada pemimpin yang memberi komentar resmi terkait ketegangan tersebut.  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada awal Mei lalu, pertikaian kedua negara juga terjadi di Garis Kontrol Aktual yang memisahkan kedua negara.

Pertikaian keduanya telah mengkarakterisasi tindakan China di Line of Actual Control sebagai respons militer yang kuat terhadap insiden pelanggaran ilegal India, tulis Global Times.

Media ini juga melaporkan bahwa Beijing kemungkinan akan menempatkan helikopter pengintai tak berawak pertama yang dikembangkan secara domestik di sepanjang perbatasan.

Sulit untuk menilai sejauh mana apa yang telah terjadi, karena informasi terbatas dan sebagian besar laporan bergantung pada pemerintah atau sumber militer yang tidak disebutkan namanya dari kedua belah pihak, seperti dikutip dari SCMP.

Analis kebijakan luar negeri yang berfokus pada China, Narayani Basu, mengatakan dia khawatir spekulasi media akan mengarah pada peningkatan nasionalisme dan jingoisme di kedua negara.

“Kami terus mendapatkan laporan media, tetapi sangat sedikit yang dikonfirmasi. Ini mengarah pada kurangnya kejelasan dan pada gilirannya memicu spekulasi tentang ke mana kita menuju vis-à-vis situasi di lapangan,” katanya.

Pada 14 Mei, panglima Angkatan Darat India MM Naravane dikutip mengatakan bahwa insiden di perbatasan itu tidak terhubung dan melibatkan perilaku agresif oleh pasukan China dan India.

Sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan insiden itu sedang dibahas melalui saluran diplomatik
India dan China sejak lama memiliki problem serius menyangkut tapal batas sepanjang 3.488 kilometer di dua kawasan yang dipisahkan negara Nepal dan Bhutan.

Konflik politik dan militer India-China melesat ketika India menuduh pasukan perbatasan China masuk ke wilayah mereka sejuh 3 kilometer di tapal batas Ladakh di pegunungan Himalaya

Tak ingin ribut berkepanjangan, rencananya, pemerintah China akan mengevakuasi warganya yang berada di India dalam beberapa pekan mendatang.

Rencana evakuasi warga China di India itu dilaporkan situs berita Times of India, Selasa (26/5).

Pasukan China dikabarkan membangun sebuah jalan baru, menggunakan peralatan berat, mendirikan tenda-tenda untuk para pekerja di kawasan dekat Danau Pangong. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA