Dililit Utang Dan Dihantam Pandemik, Maskapai Terbesar Amerika Latin Ajukan Pailit

Maskapai LATAM yang bangkrut/Net

Dampak pandemik Covid-19 akhirnya membuat perusahaan penerbangan terbesar Amerika Latin, LATAM, menyerah dan mengajukan kebangkrutan di Amerika Serikat pada Selasa (26/5).

Sektor perjalanan dan pariwisata dunia menjadi yang paling terpukul oleh penularan viris corona. Mereka secara langsung dipengaruhi oleh penutupan perbatasan dan penutupan populasi.

"Mengingat dampak krisis Covid-19 terhadap industri penerbangan, LATAM secara terpaksa membuat serangkaian keputusan yang sangat sulit dalam beberapa bulan terakhir," kata kepala eksekutif maskapai Roberto Alvo dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Selasa (26/5).

"LATAM Airlines Group dan afiliasinya di Chili, Peru, Ekuador dan Kolombia mengadakan reorganisasi sukarela di bawah perlindungan Chapter 11 di Amerika Serikat," tambahnya.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (26/5), petisi bab 11 membuat LATAM masih bisa mempertahankan kegiatannya sambil membayar para krediturnya. Maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin itu menanggung utang 7 miliar dolar AS.

Hal yang sama sebelumnya menimpa Avianca Holdings SA pada Mei. Avianca pun mengajukan perlindungan dan mendapatkan petisi bab 11 setelah jadwal penerbangan turun drastis akibat upaya penanganan penyebaran virus corona.

Chapter 11 adalah proses yang memungkinkan perusahaan yang tidak lagi dapat membayar utangnya untuk merestrukturisasi tanpa tekanan dari kreditor.

Bulan lalu, maskapai penerbangan Chili-Brasil ini mengatakan pihaknya mengurangi operasinya sebesar 95 persen karena krisis kesehatan global. Perusahaan itu juga mengumumkan ratusan PHK pada awal Mei.

Maskapai itu mengatakan tidak akan ada dampak langsung pada penerbangan penumpang atau kargo.

"Proses reorganisasi keuangan Bab 11 AS memberikan peluang yang jelas dan terarah untuk bekerja dengan kreditor kami dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengurangi utang kami, mengatasi tantangan komersial yang kami, seperti orang lain di industri kami, hadapi.”

Itu terjadi hanya dua minggu setelah maskapai terbesar kedua di Amerika Latin, Avianca Kolombia, juga mengajukan kebangkrutan di AS untuk mengatur kembali utangnya 'karena dampak tak terduga' dari pandemik itu.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) telah memperkirakan kerugian pendapatan sebesar 15 miliar dolar untuk maskapai Amerika Latin tahun ini.

Sebelum pandemik, LATAM (penggabungan LAN Chili dan TAM Brasil) memiliki rute terbangke 145 tujuan di 26 negara, mengoperasikan sekitar 1.400 penerbangan sehari.

Pada hari Jumat (22/5) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia WHO mendeklarasikan Amerika Latin sebagai episentrum baru pandemic virus corona. Hal itu disebabkan oleh kasus-kasus meningkat di seluruh benua,terutama di Brasil, yang sekarang memiliki jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi kedua terbesar setelah AS.

Dalam hitungan AFP, Amerika Latin dan Karibia telah melaporkan lebih dari 41.000 kematian akibat virus dan lebih dari 766.000 total kasus.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Tiga Pemimpin Negara Kompak Keluarkan Pernyataan, Kecam  Turki Atas Kegiatan Ilegal Di Laut Mediterania
Dunia

Tiga Pemimpin Negara Kompak ..

23 Oktober 2020 13:03
Dampak Ekonomi Covid-19 Di Amerika Latin Memprihatinkan, IMF Khawatirkan Adanya Kerusuhan Massal
Dunia

Dampak Ekonomi Covid-19 Di A..

23 Oktober 2020 12:46
Di Balik Kecaman Erdogan Yang Keras Ternyata Hubungan Turki Dan Israel Begitu Mesra
Dunia

Di Balik Kecaman Erdogan Yan..

23 Oktober 2020 12:33
Buka Suara Soal Aksi Protes, Presiden Nigeria: Kerusuhan Apapun Tak Akan Ditoleransi
Dunia

Buka Suara Soal Aksi Protes,..

23 Oktober 2020 12:28
Beberapa Klaster Buat Korsel Alami Tren Peningkatan Kasus Baru Covid-19
Dunia

Beberapa Klaster Buat Korsel..

23 Oktober 2020 11:48
Infeksi Covid-19 Menurun, Australia Berani Tambah Kuota Warganya Yang Ingin Pulang
Dunia

Infeksi Covid-19 Menurun, Au..

23 Oktober 2020 11:30
Trump Jawab Tudingan Biden Di Panggung Debat: Saya Adalah Orang Yang Paling Tidak Rasis Di Ruangan Ini
Dunia

Trump Jawab Tudingan Biden D..

23 Oktober 2020 11:17
Xi Jinping: Jangan Anggap Enteng Rakyat China!
Dunia

Xi Jinping: Jangan Anggap En..

23 Oktober 2020 11:14