Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepada Menlu Pompeo, Retno Marsudi Tegaskan Posisi Indonesia Dukung Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 Mei 2020, 13:49 WIB
Kepada Menlu Pompeo, Retno Marsudi Tegaskan Posisi Indonesia Dukung Palestina
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melakukan pembicaraan via telepon dengan Mike Pompeo pada Rabu (27/5)/Net
rmol news logo Sesuai dengan alinea pertama Pembukaan UUD 1945, Indonesia selalu menjunjung tinggi kemerdekaan suatu bangsa sehingga akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Begitu kiranya yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembicaraan via telepon dengan rekannya dari Amerika Serikat, Mike Pompeo pada Rabu (27/5).

Salah satu isi dari pembicaraan panjang keduanya adalah membahas perkembangan di Palestina, di mana pemerintah Israel telah mengumumkan akan melakukan aneksasi Tepi Barat.

"Ibu (Menlu) sampaikan, posisi dasar Indonesia sesuai mandat konstitusi untuk terus mendorong dan mendukung perjuangan rakyat palestina sesuai solusi dua negara," ujar Plt. Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan (BSDP) Kementerian Luar Negeri, Achmad Rizal Purnama dalam konferensi pers virtual pada Rabu.

"Khususnya juga mengantisipasi rencana aneksasi yang sudah diumumkan Israel pada pekan-pekan atau bulan ke depan," tambahnya.

Seperti yang disampaikan Rizal, pemerintahan persatuan yang sudah dibentuk oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz telah mengumumkan akan melakukan aneksasi beberapa wilayah Tepi Barat pada 1 Juli.

Aneksasi tersebut dikatakan sebagai impelementasi dari Rencana Perdamaian Timur Tengah atau yang juga disebut "Kesepakatan Abad Ini" yang diumumkan Presiden Donald Trump pada awal tahun.

Dalam kesepakatan tersebut, Trump mengumumkan, AS akan mengakui kedaulatan Israel dengan ibukotanya yang berada di Yerusalem dan pemukiman di Tepi Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA