Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno: Kepemimpinan AS Penting Untuk Perdamaian Di Afganistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 Mei 2020, 14:18 WIB
Menlu Retno: Kepemimpinan AS Penting Untuk Perdamaian Di Afganistan
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo/Net
rmol news logo Indonesia menyambut semua perkembangan baik yang telah terjadi di Afganistan dalam beberapa waktu terakhir. Mulai dari kesepakatan politik hingga gencatan senjata, termasuk berbagai inisiasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Pada 17 Mei, Presiden Ashraf Ghani dan rivalnya, Abdullah Abdullah telah menandatangani perjanjian pembagian kekuasaan guna mengakhiri kebuntuan politik. Kemudian setelah itu, Taliban mengumumkan gencatan senjata secara sukarela selama beberapa hari ketika Hari Raya Idul Fitri.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, langkah-langkah yang telah dilakukan menjadi sangat penting bagi perkembangan proses Intra-Afghan Dialogue.

Itu, ia sampaikan ketika melakukan panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo pada Rabu (27/5).

"Dalam kesempatan itu, Ibu Menlu menegaskan pentingnya leadership atau kepemimpinan dari Amerika untuk terus mendorong proses perdamaian di Afganistan," ungkap Plt. Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan (BSDP) Kementerian Luar Negeri, Achmad Rizal Purnama dalam konferensi pers virtual pada Rabu.

Selain itu, Rizal juga mengatakan, Retno bersama dengan empat Menteri Luar Negeri lainnya, yaitu Qatar, Norwegia, Jerman, dan Uuzbekistan telah membuat pernyataan bersama.

"Lima negara tersebut terus melihat perkambangan Afganistan dari dekat dan mendorong proses Intra-Afghan Dialogue sehingga perdamaian yang lestari bisa segera tercapai," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA