Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembali Picu Amarah China, Taiwan Ingin Beli Rudal Anti-Kapal Dari AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 28 Mei 2020, 15:16 WIB
Kembali Picu Amarah China, Taiwan Ingin Beli Rudal Anti-Kapal Dari AS
Rudal anti-kapal, Harpoon/Net
rmol news logo Taiwan berencana untuk membeli rudal anti-kapal Harpoon dari Amerika Serikat sebagai bagian dari upaya modernisasi militernya. Meski hal tersebut tentu akan meningkatkan permusuhan dengan China.

Demikian yang disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis (28/5). Hal yang sama juga dikondirmasi oleh Wakil Menteri Pertahanan Chang Che-ping saat berada di Parlemen.

Reuters melaporkan, Chang mengatakan Taiwan memang berencana untuk membeli rudal Harpoon dari AS untuk dijadikan sebagai rudal jelajah pertahanan pantainya.

Menurut Chang, jika AS menyetujui pembelian tersebut, maka Taiwan bisa mendapatkan Harpoon pada 2023.

Taiwan sendiri saat ini memang gencar memperkuat pertahananya untuk menghadapi ancaman dari militer China yang kerap melakukan manuver di sekitar pulau tersebut.

Pekan lalu, pemerintah AS juga telah memberi tahu Kongres mengenai kemungkinan adanya penjualan torpedo generasi baru ke Taiwan yang senilai 180 juta dolar AS.

China yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya mengecam peningkatan dukungan dari AS. Meski hingga saat ini AS dan Taiwan tidak memiliki hubungan diplomatik.

Hubungan China dan Taiwan juga sudah memburuk sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat pada 2016. Bahkan pada pemilihan ulang di awal 2020, China mengerahkan jetnya untuk terbang di sekitar Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA