Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Politikus AS Desak Pompeo Selamatkan Medali Kehormatan Tentara Dari Rumah Lelang Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 29 Mei 2020, 06:36 WIB
Politikus AS Desak Pompeo Selamatkan Medali Kehormatan Tentara Dari Rumah Lelang Jerman
Medali Kehormatan Tentara AS/Net
rmol news logo Medali adalah benda logam kecil yang sangat berharga yang diberikan kepada seseorang atas jasa atau perjuangannya dalam melakukan hal-hal yang luar biasa. Baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari sebuah rumah lelang di Jerman yang menjual Medal of Honor. Peristiwa ini pun memancing reaksi keras dari Senator Ted Cruz dan National Medal of Honor Museum.

Medal of Honor adalah penghargaan militer tertinggi di Amerika Serikat yang diberikan untuk prajurit yang melakukan aksi berani dan di atas tanggung jawabnya. Medali ini diberikan oleh Presiden Amerika Serikat yang mewakili Kongres Amerika Serikat dan hanya bisa didapatkan oleh tentara Amerika Serikat.

Medal of Honor itu diberikan kepada Prajurit Pvt. Thomas Kelly pada 1898, sebagai penghargaan militer tertinggi atas jasa dan keberaniannya selama Perang Spanyol-Amerika.  Museum Medali Kehormatan Nasional mengatakan dia dianugerahi medali karena menyelamatkan tentara yang terluka ketika dia mendapat serangan musuh di Santiago, Kuba.

Hukum AS melarang penjualan medali atau dekorasi militer yang disahkan oleh Kongres, dan mereka yang melanggar hukum dapat menghadapi denda dan hukuman penjara hingga enam bulan.

Namun, rumah lelang Hermann Historica GmbH menjual medali tersebut dengan harga lebih dari 15.000 dolar AS pada hari Kamis (28/5).

Presiden dan CEO Museum Medali Kehormatan Nasional Joe Daniels juga menulis surat kepada pejabat pemerintah AS termasuk Presiden Donald Trump, Sekretaris Negara Mike Pompeo, Sekretaris Pertahanan Mark Esper dan Jaksa Agung Bill Barr, meminta mereka untuk menghentikan penjualan medali tersebut, seperti dikutip dari Military Times.

"Medali Kehormatan ini adalah harta Amerika yang tak ternilai yang menjadi milik negara kita," kata Daniels dalam sebuah pernyataan. "Kami meminta para pemimpin dan pejabat terpilih di pemerintahan untuk melakukan apa yang mereka bisa untuk mencegah orang mengambil keuntungan secara ilegal dari kepahlawanan Prajurit Kelly dan membawa pulang medali itu ke tempat seharusnya.”

Senator Ted Cruz, seorang Republikan dari Texas, mendesak AS dan terutama Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk menengahi masalah ini.

"Penjualan itu merusak martabat dan kehormatan semua penerima Medal of Honor," tulis Cruz dalam sepucuk suratnya.  "Kongres dan Amerika Serikat telah lama berupaya mencegah penghinaan semacam itu, dan memang 18 Kode AS § 704 memberi wewenang denda dan penjara ketika penjualan itu terjadi dalam yurisdiksi kami."

"Saya mendesak Anda untuk bekerja dengan mitra asing AS, termasuk dengan pejabat Republik Federal Jerman, untuk memastikan penjualan ditangguhkan," tutup Cruz. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA