Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Luncurkan Skuadron 18 AU Pesawat Tempur Ringan Buatan Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Mei 2020, 06:44 WIB
India Luncurkan Skuadron 18 AU Pesawat Tempur Ringan Buatan Sendiri
Hindustan Aeronautics (HAL) menghasilkan pesawat tempur standar-FOC di Bengaluru/Net
rmol news logo Angkatan Udara India (IAF) meluncurkan pesawat tempur ringan buatan sendiri, Tejas. Ini merupakan skuadron kedua yang dibuat India.

Peluncuran ini ditandai dengan ‘18 Sqn Flying Bullets IAF’ atau skuadron 18 IAF Flying Bullets (Peluru Terbang), yang seutuhnya diisi oleh pesawat tempur buatan dalam negeri, Light Combat Aircraft (LCA) Tejas.

Skuadron ini dioperasionalkan di pangkalan udara Sulur di negara bagian Tamil Nadu di India selatan, terang produsen pesawat tempur, Hindustan Aeronautics (HAL).

"Kami bangga mengirimkan pesawat yang jauh lebih mematikan daripada blok IOC," kata ketua HAL R Madhavan, seperti dikutip dari Flight Global.

"Varian FOC juga dilengkapi dengan pengisian bahan bakar udara-ke-udara, senjata tempur jarak dekat, drop-tank tambahan, kemampuan rudal BVR [di luar jangkauan visual], dan perangkat lunak avionik dan kontrol penerbangan yang diperbarui,"  kata Madhavan lagi, seperti dikutip dari Flight Global.

HAL, yang melakukan penerbangan pertama dengan Tejas versi FOC dari fasilitas Bengaluru pada Maret, mengatakan akan hadir lagi empat contoh.

"Masih dalam tahap lanjutan, produksi dan pengujian, dan diharapkan akan bergabung dengan skuadron segera," katanya.

"Varian FOC akan mengurangi jam kerja pemeliharaan dan waktu penyelesaian, sehingga meningkatkan dukungan untuk misi angkatan udara India," kata HAL.

Perusahaan menambahkan bahwa mereka telah memberikan pelatihan untuk angkatan pertama pilot skuadron 18 Sqn dan personel pemeliharaannya.

Data armada Cirium menunjukkan bahwa angkatan udara India memiliki 16 pesawat tempur Tejas yang digunakan sebelum pengiriman terbaru.

Skuadron ini akan menjadi yang pertama menggunakan LCA Tejas dengan konfigurasi siap tempur atau Final Operational Clearance (FOC).

Tejas adalah pesawat tempur sayap delta generasi keempat asli buatan India. Pesawat ini diklaim yang paling ringan dan terkecil dalam kelompok pesawat tempur supersonik.

Jet ini dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire, avionik digital terintegrasi, radar multimode dan strukturnya terbuat dari bahan komposit karbon.

Selain India, beberapa negara seperti Malaysia sedang mempertimbangkan untuk membeli pesawat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA