Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketegangan Rasial Di Minneapolis, Joe Biden Putuskan Pilih Wakil Presiden Kulit Hitam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Mei 2020, 22:20 WIB
Ketegangan Rasial Di Minneapolis, Joe Biden Putuskan Pilih Wakil Presiden Kulit Hitam
Joe Biden, kandidat pada pilpres AS 2020/Net
rmol news logo Mantan Wakil Presiden Joe Biden yang merupakan lawan Trump pada pilpres mendatang, mulai berpikir untuk memilih seorang wanita kulit hitam sebagai pasangannya. Desakan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan rasial pasca kematian seorang pria kulit hitam karena kekerasan aparat.

Biden, calon presiden dari Partai Demokrat yang akan berhadapan dengan Trump pada November mendatang, sebelumnya telah berjanji untuk memilih seorang wanita sebagai pasangannya. Sejauh ini, beberapa kandidat kulit hitam masuk dalam daftarnya, termasuk Senator Kamala Harris, politikus dan pengacara Stacey Abrams, serta politisi Val Demings, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (30/5).

Kematian George Floyd di Minneapolis telah memicu aksi protes yang mengerikan di beberapa wilayah hingga keluar Minneappolis. Peristiwa ini adalah yang terbaru dalam serangkaian insiden AS yang melibatkan pria kulit hitam tak bersenjata, termasuk penembakan seorang pelari di Georgia pada bulan Februari lalu.

Para aktivis kulit hitam di Partai Demokrat menyerukan bahwa Biden telah berkomitmen untuk menangani masalah-masalah seperti reformasi peradilan pidana dan pelanggaran polisi.

Dalam beberapa minggu terakhir, Senator Amy Klobuchar telah memposisikan dirinya sebagai pesaing utama dalam perlombaan untuk bergabung pada tim Joe Biden dengan tiket Demokrat.

Namun, keresahan sipil yang meningkat di negara bagian Minnesota pasca kematian Floyd di tangan seorang perwira polisi kulit putih, serta  pengawasan yang cermat terhadap catatannya sebagai jaksa penuntut utama di negara bagian terbesar itu, tampaknya akan menjadi penghambat jalan Klobuchar menuju kursi wakil presiden, dan meluruhkan ambisinya untuk menjadi calon wakil presiden Partai Demokrat.
Klobuchar, seorang moderat kulit putih, sebelumnya menjabat sebagai jaksa penuntut utama untuk wilayah Minnesota yang mencakup Minneapolis, tempat Floyd meninggal dianiaya aparat polisi kulit putih. Beberapa pengacara kulit hitam mengatakan pada hari Jumat bahwa catatan Klobuchar tentang pelanggaran polisi didiskualifikasi.

Sementara, Klobuchar pada hari Jumat menolak untuk menarik diri dari pencalonan, dan mengatakan bahwa dia memercayai Biden untuk membuat keputusan yang tepat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA