Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masjid Di Arab Saudi Mulai Dibuka, Warga Harus Wudlu Di Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 31 Mei 2020, 17:06 WIB
Masjid Di Arab Saudi Mulai Dibuka, Warga Harus Wudlu Di Rumah
Petugas sedang membersihkan pelataran Kabah/Net
rmol news logo Arab Saudi membuka pintu masjid bagi para jamaah untuk pertama kalinya sejak lebih dari dua bulan ditutup untuk menghentikan penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Pada Minggu pagi (31/5), Kerajaan Arab Saudi sudah mengizinkan warga untuk melakukan ibadah shalat Subuh di masjid. Namun dengan protokol kesehatan yang ketat seperti mengenakan masker, membawa sajadah pribadi, dan menjaga jarak 2 meter satu sama lain.

"Sangat menyenangkan untuk merasakan rahmat Allah dan sekali lagi memanggil orang untuk sholat di masjid daripada di rumah mereka," ujar muadzin di Masjid Al Rajhi, Abdulmajeed Al Mohaisen.

Dilansir dari Reuters, lansia, anak-anak di bawah 15 tahun, dan orang dengan penyakit kronis belum diizinkan untuk melakukan ibadah di masjid.

Wudlu juga tidak diperbolehkan dilakukan di masjid, melainkan di rumah masing-masing.

“Mata saya berkaca-kaca ketika saya memasuki masjid dan ketika saya mendengar panggilan untuk sholat. Terima kasih ya Allah atas berkah ini bahwa kami kembali ke masjis," ungkap seorang warga Suriah di Riyad, Maamoun Bashir.

Pemerintah Arab Saudi sejak awal Mei sudah menyiapkan rencana tiga tahap pencabutan pembatasan sosial. Yang pertama dilakukan pada 31 Mei dan yang terakhir 21 Juni.

Pencabutan pembatasan sosial sendiri dilakukan secara nasional, kecuali Mekkah. Dengan begitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi masih ditutup untuk publik.

Arab Saudi sudah mengonfirmasi lebih dari 83 ribu kasus Covid-19 dengan 480 orang meninggal dunia. Itu adalah angka yang tertinggi dibanding negara-negara lain di kawasan Teluk Arab. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA