Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kematian George Floyd Berujung Rusuh, Komisi I DPR RI: Pastikan WNI Di Sana Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 31 Mei 2020, 22:51 WIB
Kematian George Floyd Berujung Rusuh, Komisi I DPR RI: Pastikan WNI Di Sana Aman
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid/RMOL
rmol news logo Kerusuhan yang terjadi di Amerika Serikat dalam aksi protes atas kematian warga kulit hitam, George Floyd di tangan polisi yang menangkapnya di Minneapolis, Amerika Serikat harus segera diredam pemerintah setempat.

Hal itu penting karena negara Pam Sam memiliki Declaration of Independence, yakni deklarasi kemerdekaan yang memuat poin-poin dasar kekuatan bagi kebebasan umat manusia, yaitu Hak Asasi Manusia (HAM).

"Ini penting karena unrest yang terjadi di AS tentu mendapat perhatian dunia dan jika tidak ditangani secara cepat dan profesional melalui pendekatan-pendekatan persuasif, dikhawatirkan akan menjadi contoh kurang baik bagi negara lain," kata Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (31/5).

Politisi Golkar ini juga meminta pemerintah, dalam hal ini Perwakilan RI di Amerika Serikat untuk memastikan keselamatan para WNI di sana.

"Perwakilan Indonesia di AS harus memastikan dan mengikuti dari dekat perkembangan di AS menyusul aksi kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di AS. Apalagi ini punya potensi semakin meluas," ujarnya.

Dalam upaya perlindungan WNI di AS, perwakilan Pemerintah RI di AS diminta menghubungi WNI secara acak guna memastikan kondisi keamanan mereka.

"Terus berikan informasi melalui website resmi maupun hotline atau aplikasi yang dimiliki oleh Kemlu RI untuk memberikan kondisi dan informasi secara update. Sekaligus juga memberikan imbauan agar WNI di sana, sebisa mungkin untuk tidak keluar rumah hingga situasi aman terkendali," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA