Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Hancur Terbakar Tahun Lalu, Renovasi Notre-Dame de Paris Rampung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 01 Juni 2020, 17:41 WIB
Usai Hancur Terbakar Tahun Lalu, Renovasi Notre-Dame de Paris Rampung
Renovasi Notre-Dame de Paris/Net
rmol news logo Situs bersejarah yang menjadi salah satu daya tarik pariwisata Prancis, Notre-Dame de Paris, telah berhasil direnovasi. Meski begitu, situs tersebut masih harus ditutup karena pandemik Covid-19.

Menurut pemimpin proyek renovasi Notre-Dame de Paris yang juga seorang jenderal militer, Jean-Louis Georgelin, seharusnya pembangunan selesai pada 15 April atau tepat setahun setelah bangunan tersebut runtuh akibat kebakaran parah.

"Pandemik virus corona telah secara tidak diragukan menunda pekerjaan," ungkap Georgelin seperti dikutip CNA.

Pada Minggu (31/5), para pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat Notre-Dame dari alun-alun yang sudah dibuka, seiring dengan pelonggaran kuncian.

Georgelin mengatakan, Notre-Dame sendiri baru bisa dipakai untuk layanan keagamaan pada 2024.

"Tidak ada alasan untuk percaya itu tidak dapat dipenuhi, kita harus menemukan cara untuk mengejar ketinggalan," imbuhnya.

Sementara itu, biaya renovasi untuk Notre-Dame masih belum diketahui, namun kabar yang beredar sudah hampir mencapai 1 miliar euro. Saat kuncian, renovasi harus dihentikan selama enam pekan. Namun setelah itu, para pekerja harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Notre-Dame adalah bangunan bersejarah bagi umat Katolik. Katedral yang mulai dibangun pada tahun 1160 tersebut menjadi saksi sejarah berbagai peristiwa penting.

Pada 1790-an atau ketika Revolusi Prancis, katedral tersebut dirusak dan banyak karya seni keagamaannya yang hancur.

Setiap tahunnya, Notre-Dame dikunjungi oleh sekitar 12 juta orang, baik untuk beribadah maupun berkunjung. Alhasil, katedral tersebut menjadi monumen yang paling banyak dikunjungi di Paris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA