Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KBRI Washington DC: Tak Ada Yang Terdampak Kerusuhan, Semua WNI Di AS Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 02 Juni 2020, 11:38 WIB
KBRI Washington DC: Tak Ada Yang Terdampak Kerusuhan, Semua WNI Di AS Aman
Unjuk rasa di Amerika Serikat/Net
rmol news logo Kerusuhan yang terjadi di Amerika Serikat (AS) semakin tidak terkendali setiap harinya. Aksi yang dilakukan warga juga tidak hanya berpusat di Minneapolis, namun juga seluruh penjuru AS.

Untuk itu, Kedutaan Besar RI (KBRI) di Washington DC dan seluruh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di AS selalu memonitor dan berusaha memastikan keselamatan dan keamanan semua warga negara Indonesia (WNI).

"Seluruh WNI di AS yang berjumlah 142.441 orang saat ini berada dalam kondisi aman dan baik-baik. Tidak ada laporan terkait WNI yang terdampak akibat demo," ujar Kuasa Usaha Ad-Interim atau Wakil Dutabesar RI untuk AS, Iwan Freddy Hari Susanto.

Iwan mengatakan, saat ini gelombang demonstrasi yang dipicu oleh kematian warga kulit hitam, George Floyd, sudah memasuki hari ketujuh. Namun beberapa negara bagian sudah menerapkan aturan jam malam dan status darurat. Mengingat kondisi diperparah dengan pandemik Covid-19.

"Keselamatan dan keamanan WNI di AS menjadi prioritas utama dan perhatian khusus KBRI Washington DC dan KJRI-KJRI se-AS," tekannya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/6).

Meski pemerintah AS sudah melakukan berbagai upaya, Iwan mengimbau seluruh WNI agar tetap tenang berhati-hati.

"Tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan atau kebutuhan yang mendesak, seperti membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari atau pergi ke dokter," imbaunya.

"WNI juga kita wanti-wanti agar menjauhi tempat-tempat terjadinya aksi unjuk rasa karena akan membahayakan keselamatan dan keamanan mereka. Patuhi setiap instruksi, kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat," imbuh Iwan.

Guna memastikan keselamatan WNI, ia juga menambahkan, saat ini seluruh perwakilan RI di AS terus melakukan kontak dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa.

KBRI Washington DC dan KJRI-KJRI se-AS juga membuka layanan nomor hotline bagi masyarakat Indonesia di AS jika membutuhkan bantuan atau pertolongan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA