Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lindungi Lapangan Kerja, Korsel Gelontorkan Rp 412 Triliun Tambahan Untuk Stimulus Ekonomi Dampak Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 03 Juni 2020, 09:53 WIB
Lindungi Lapangan Kerja, Korsel Gelontorkan Rp 412 Triliun Tambahan Untuk Stimulus Ekonomi Dampak Covid-19
Warga di Korea Selatan mengenakan masker di tengah pandemik Covid-19/Net
rmol news logo Korea Selatan kembali meluncurkan stimulus tambahan untuk mengatasi dampak pandemik Covid-19.

Sebanyak 35,3 triliun won atau setara dengan Rp 412 triliun anggaran tambahan diumumkan pada Rabu (3/6), sehingga total stimulus Korea Selatan untuk Covid-19 saat ini menjadi 270 triliun won atau Rp 3.158 triliun. Itu adalah 14 persen dari produk domestik bruto (PDB) Korea Selatan.

Anggaran terbaru sendiri ditujukan untuk melindungi pekerjaan, pengembangan vaksin, hingga konsumsi masyarakat. Pinjaman untuk usaha kecil dan menengah yang terdampak virus juga akan ditambah.

Menteri Keuangan Hong Nam-ki mengatakan pemerintah juga harus melihat bertambahnya utang yang diproyeksikan meningkat menjadi 43,5 persen dari PDB dari asalnya di bawah 40 persen sebelum wabah.

"Kami menghadapi krisis ekonomi sekarang, kami tidak punya pilihan selain berbuat lebih banyak di bidang fiskal karena kebijakan fiskal adalah benteng terakhir (kebijakan pemerintah)," ujar Hong seperti dikutip CNA.

Sebelumnya pada Senin (1/6), Korea Selatan sudah merevisi target pertumbuhan ekonominya menjadi 0,1 persen dari 2,4 persen, yang merupakan kinerja terburuk sejak 1998.

Selain menambah stimulus, pemerintah melalui Bank of Korea juga sudah memotong suku bunga utama dua kali sejak Maret. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA