Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selandia Baru Sambut Kehidupan Normal Mulai Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 03 Juni 2020, 18:07 WIB
Selandia Baru Sambut Kehidupan Normal Mulai Pekan Depan
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Selandia Baru bersiap untuk kembali ke kehidupan normal pada pekan depan. Pemerintah akan mencabut semua larangan dan aturan terkait dengan pembatasan sosial.

Perdana Menteri Jacinda Ardern pada Rabu (3/6) mengatakan, Selandia Baru tengah bersiap untuk beralih ke tingkat 1 dari kuncian tingkat 4 yang ketat.

Meski begitu, ia baru akan memutuskan peralihan tersebut pada Senin (8/6). Jika dimungkinkan, maka pembatasan jumlah orang dalam pertemuan sosial akan dihapuskan.

"Jika tidak, maka kita akan berada dalam posisi yang baik untuk bergerak," ujar Ardern saat konferensi pers yang disiarkan televisi, seperti dikutip Reuters.

Saat mencapai level 1, Ardern menjelaskan, Selandia Baru bisa mencabut aturan jarak fisik dan batasan jumlah orang di ruang tertutup.

Ada pun saat level 1, fokus pemerintah akan beralih ke langkah-langkah kesehatan masyarakat dan kebersihan pribadi dasar seperti mencuci tangan secara teratur hingga isolasi diri jika mengalami gejala infeksi.

Pemerintah juga akan bekerja sama dengan penyelenggara acara untuk mengembangkan "Kode Covid" secara sukarela yang bisa membantu melacak kontak.

Namun, Ardern mengatakan, sulit bagi Selandia Baru untuk kembali membuka perbatasan.

Sejak 12 hari terakhir, Selandia Baru belum mencatatkan kasus baru Covid-19. Hingga saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Selandia Baru sudah mencapai 1.504 dengan 22 di antaranya sudah meninggal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA