Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kematian George Floyd, Tiga Polisi Lain Dituntut Bersekongkol Dalam Pembunuhan Tingkat Dua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 04 Juni 2020, 08:57 WIB
Kematian George Floyd, Tiga Polisi Lain Dituntut Bersekongkol Dalam Pembunuhan Tingkat Dua
Pengunjuk rasa berorasi di depan petugas polisi kulit putih/Net
rmol news logo Selain Derek Chauvin, diketahui ada tiga petugas polisi lainnya yang berada di lokasi kejadian pada tragedi kematian George Floyd. Semula ketiga polisi itu hanya dipecat, tetapi belakangan seiring tuntutan aksi protes dan meletus di seantero Amerika Serikat, ketiganya akan diseret ke pengadilan dan menerima dakwaan.

Jaksa juga telah menaikkan dakwaan terhadap pelaku utama pembunuhan, Derek Chauvin, menjadi pembunuhan tingkat dua.

Tiga rekan petugas yang dipecat dari departemen kepolisian Minneapolis bersama dengan Chauvin pada hari berikutnya didakwa pada hari Rabu untuk pertama kalinya dalam kasus ini, masing-masing membantu dan bersekongkol dengan pembunuhan tingkat dua dan dengan membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan.

Ketiganya adalah Thomas Lane, J. Alexander Kueng, dan Tou Thao yang kini juga telah ditahan. Sebelumnya Thao diberitakan sempat bersembunyi dan meninggalkan Minneapolis dengan menutup semua panggilan telepon dan media sosialnya.

Jaksa Agung Minnesota Keith Ellison mengatakan, "Saya percaya bukti yang tersedia bagi kita sekarang mendukung tuduhan yang lebih kuat atas pembunuhan tingkat dua."

Sedangkan Thomas Lane, J Kueng, dan Tou Thao, menurut Ellison akan dituduh membantu dan bersekongkol dengan pembunuhan tingkat dua.

"Saya sangat percaya bahwa perkembangan ini demi keadilan bagi Mr Floyd, keluarganya, komunitas kami dan negara kami," ujar Ellison.

Dia kemudian mengucapkan terima kasih kepada orang-orang atas kesabaran mereka dengan jaksa penuntut hingga saat ini dan memohon kesabaran lebih lanjut seiring dengan perkembangan kasus.

Benjamin Crump, pengacara keluarga Floyd, bersyukur atas keputusan tersebut. Dalam tweet-nya, ia mengatakan tindakan Ellison sebagai sumber kedamaian bagi keluarga George di masa sulit ini.

"Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam jalan menuju keadilan, dan kami bersyukur bahwa tindakan penting ini dilakukan sebelum tubuh George Floyd dimakamkan," katanya, seperti dikutip dari Sky News, Kamis (4/6).

Dia kemudian mengatakan mestinya Chauvin menghadapi tuduhan pembunuhan tingkat pertama. Ellison telah memberi tahu keluarga Floyd bahwa penyelidikan sedang berlangsung dan bisa saja tuduhan lainnya dapat diajukan sehingga dakwaan bisa meningkat.

Para pengunjuk rasa telah memenuhi dan bahkan menghancurkan beberapa wilayah di Amerika Serikat menuntut penyelidikan atas kematian George Floyd. Mereka juga menuntut kasus itu diperluas untuk mencakup semua petugas yang hadir selama insiden itu, tidak hanya pelaku utama Chauvin.

"Ini adalah langkah penting lain untuk keadilan," kata Senator AS Amy Klobuchar, yang telah menyerukan dukungannya untuk Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA