Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Tentaranya Dibebaskan, Trump Sampaikan Terima Kasih Pada Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 05 Juni 2020, 12:46 WIB
Mantan Tentaranya Dibebaskan, Trump Sampaikan Terima Kasih Pada Iran
Veteran Angkatan Laut AS dibebaskan Iran/Net
rmol news logo Ini adalah kabar baik di tengah meruncingnya hubungan AS - Iran. Presiden Donald Trump yang belakangan diterpa berbagai kritikan tajam, termasuk dari Iran, terkait sikap kontroversialnya atas kerusuhan di AS, hari ini tanpa ragu-ragu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Iran.

Ungkapan terima kasih itu terkait dibebaskannya veteran Angkatan Laut AS oleh Iran.

"Saya baru saya menutup telepon dengan mantan warga Amerika yang disandera Michael White, yang sekarang di Zurich setelah dibebaskan dari Iran. Dia akan naik pesawat AS sebentar lagi, dan akan pulang ke Amerika Serikat," tulis Trump di akun Twitternya.

"Terima kasih Iran, itu menunjukkan kesepakatan itu mungkin!" katanya, sambil menandai akun Republik Islam itu atas kerja samanya dalam proses tersebut.

Michael White ditahan oleh otoritas Iran pada Juni 2018, ketika ia mengunjungi pacarnya dengan tuduhan yang tidak ditentukan. Pada Maret, dia sempat dibebaskan sementara dengan alasan medis ke kedutaan Swiss.

Pembebasannya terjadi di saat menteri luar negeri Iran mengumumkan kembalinya seorang dokter Iran, Sirous Asgari, profesor ilmu material dari Teheran, yang pada 2016 dituduh mencoba perdagangan penelitian rahasia dari sebuah universitas Amerika dan ditahan di negara itu.

Para pejabat AS belum mengonfirmasi pembebasan dokter Majid Taheri,tetapi seorang ilmuwan Iran yang ditahan di AS telah dideportasi ke Iran pada awal pekan ini, dikutip dari Russian Today, Jumat (5/6).

Ketika wabah Covid-19 melanda negara itu, pemerintah Iran memerintahkan ribuan narapidana untuk dikirim pulang dalam upaya untuk menghentikan pandemik.

White adalah salah satu dari sekitar 85.000 tahanan yang dibebaskan sementara dari penjara, dan tetap ditahan di Kedutaan Besar Swiss di Teheran sampai minggu ini.

Pembebasan White dan Asgari menjadi contoh langka dari kerja sama antara Iran dan AS, meskipun Washington sejauh ini telah membantah bahwa pembebasan itu adalah pertukaran tahanan langsung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA