Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Keterbatasan Akses Air, Siswa Di Afrika Selatan Sudah Kembali Ke Sekolah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 08 Juni 2020, 14:33 WIB
Di Tengah Keterbatasan Akses Air, Siswa Di Afrika Selatan Sudah Kembali Ke Sekolah
Para siswa di Afrika Selatan/Net
rmol news logo Afrika Selatan menyusul negara-negara lain untuk melonggarkan aturan pembatasan sosialnya secara bertahap guna beralih ke kehidupan normal baru.

Mulai Senin (8/6), para siswa di Afrika Selatan kembali ke sekolah setelah berbulan-bulan harus mendekam di rumah karena kuncian untuk menghentikan penyebaran virus corona baru.

Pembukaan sekolah sendiri seharusnya sudah dilakukan sejak pekan lalu. Namun serikat guru menentangnya karena sekolah tidak memiliki protokol kesehatan yang cukup untuk menjaga keamanan siswa dan guru.

Atas dasar itu, Menteri Pendidikan Dasar, ANgie Motshekga, mengungkap, sejak sepekan terakhir pihaknya mematangkan langkah-langkah kesehatan di sekolah. Sehingga 95 persen sekolah dasar dan menengah saat ini sudah bisa diisi para siswa.

"Aturan utamanya adalah tidak akan ada sekolah yang akan dilanjutkan jika tidak siap untuk melakukannya," ucap Motshekga seperti dilansir Reuters.

Sementara bagi siswa yang belum bisa kembali ke sekolah, ia mengatakan pemerintah akan mencari aturan alternatif lainnya.

Pada awalnya, hanya siswa kelas 7 dan 12 yang diizinkan kembali ke sekolah, dengan kelas lainnya menyusul secara bertahap.

Pembukaan kembali sekolah sendiri memicu kekhawatiran karena banyak sekolah, khususnya sekolah negeri yang memiliki kondisi tidak layak. Bahkan seperempat dari sekolah-sekolah di pedesaan tidak memiliki akses air mengalir yang sangat dibutuhkan untuk mencuci tangan di tengah pandemik Covid-19.

Beberapa sekolah juga menjadi korban vandalisme warga yang marah dengan kuncian yang diberlakukan pemerintah sejak Maret.

Meski begitu, pemerintah juga khawatir akan ada persoalan baru jika terus menunda pembukaan sekolah.

Sebagai negara yang paling maju di kawasan, Afrika Selatan sudah melaporkan hampir 50.000 kasus Covid-19 dengan hampir 1.000 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA