Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fase Pemulihan Malaysia: Pusat Karantina Covid-19 Ditutup, Warga Lanjutkan Isolasi Mandiri Di Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 08 Juni 2020, 15:45 WIB
Fase Pemulihan Malaysia: Pusat Karantina Covid-19 Ditutup, Warga Lanjutkan Isolasi Mandiri Di Rumah
Salah satu pusat karantina pasien Covid-19 di Malaysia/Net
rmol news logo Warga Malaysia yang masih menjalankan isolasi di pusat-pusat karantina akan melanjutkan isolasi mandiri di rumah mulai Rabu (10/6). Itu merupakan bagian dari langkah pemulihan perintah kontrol gerakan (MCO) yang diumumkan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Petahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengatakan, pusat-pusat karantina pemerintah akan menyelesaikan tugasnya pada Selasa (9/5).

Dengan begitu, warga yang masih harus melakukan isolasi harus melanjutkannya di rumah dengan syarat mengunduh aplikasi MySejahtera agar pemerintah bisa melacak keberadaan mereka.

"Mereka bisa menjalani karantina rumah dulu, karena aturan baru untuk pemulihan MCO di bawah Undang-Undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular 1988 hanya akan berlaku hingga 10 Juni," papar Ismail seperti dikutip The Star.

Ismail menjelaskan, bagi warga yang masih menjalankan karantina dan sudah mengunduh MySejahtera, maka pemerintah akan memberikan uang sebesar 50 ringgit kepada eWallet mereka.

Ia juga menambahkan, pemerintah juga akan terus melakukan pekerjaan sanitasi publik selama MCO pemulihan untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Selain itu, dalam MCO pemulihan, warga Malaysia yang bekerja di Singapura bisa melanjutkan aktivitasnya mengingat tindakan pemutus sirkuit di Singapura juga berakhir pada 1 Juni.

"Diskusi sekarang sedang diadakan dan warga Malaysia dapat mulai melakukan perjalanan bolak-balik begitu persyaratan telah diuraikan, terutama yang tinggal di Johor," sambungnya.

Pada Minggu (7/6), Muhyiddin mengumumkan, Malaysia akan memulai fase pemulihan mulai Rabu hingga 31 Agustus 2020. MCO sendiri sudah diberlakukan di Malaysia sejak 18 Maret untuk menghentikan penyebaran virus corona baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA