Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muncul Klaster Baru, Kepala Kesehatan Bulgaria Desak Perpanjang Status Darurat Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 10 Juni 2020, 07:41 WIB
Muncul Klaster Baru, Kepala Kesehatan Bulgaria Desak Perpanjang Status Darurat Covid-19
Kepala Inspektur Kesehatan Bulgaria, Angel Kunchev/Net
rmol news logo Status darurat Covid-19 di Bulgaria akan berakhir pada 14 Juni mendatang. Namun, Kepala Inspektur Kesehatan Bulgaria, Angel Kunchev, mengatakan perlu untuk memperpanjang status itu hingga akhir bulan ini atau bahkan hingga bulan depan, karena  beberapa wilayah masih mengkhawatirkan.

Kunchev mengatakan hal itu pada Selasa (9/6) setelah ia mendapat laporan adanya klaster baru di pabrik mainan di Dospat di mana terjadi peningkatan angka kasus sebanyak 83 positif Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

“Ini situasi yang sangat rumit, di Dospat, Sarnitsa, dan Sliven. Yang terjadi saat ini bukan gelombang kedua pandemik Covid-19 tetapi ini adalah penyebaran yang terjadi dalam kelompok, munculnya  klaster batu,” katanya, seperti dikutip dari BNT.

Selain 83 kasus baru di Dospat, juga ada peningkatan kasus sebanyak 35 kasus baru di desa Sarnitsa.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Bulgaria turun sebentar di bawah angka 1000 pada 6 Juni, tetapi selama tiga hari terakhir telah mengalami peningkatan, hingga mencapai 1059 positif Covid-19 per Selasa (9/6).

Angka kasus baru di Dospat dan Sarnitsa mendorong Kunchev mengadakan pertemuan dengan para pejabat kesehatan dari distrik Smolyan, Pazardzhik, dan Blagoevgrad, serta para dan walikota dari wilayah tersebut pada Selasa (9/6).

Setelah pertemuan itu, dia mengatakan bahwa ia akan mengusulkan untuk memperpanjang status darurat dan menekankan agar masing-masing walikota memperketat aturan jaga jarak dan karantina serta menerapkan langkah-langkah kontrol perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA