Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Pariwisata Domestik Usai Lockdown, Belgia Bagikan Tiket Kereta Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 10 Juni 2020, 09:20 WIB
Tingkatkan Pariwisata Domestik Usai Lockdown, Belgia Bagikan Tiket Kereta Gratis
Warga mengantri di pusat belanja dengan menjaga jarak di Brussel. Belgia/Net
rmol news logo Belgia telah melakukan pelonggaran lockdown pada pekan depan. Itu berarti perjalanan, tempat wisata, dan toko-toko, mulai dibuka. Untuk meningkatkan pariwisata dalam negeri setelah pelonggaran itu, Belgia memberikan paket perjalanan kereta gratis untuk semua penduduknya.

Tiket kereta untuk sepuluh perjalanan, yang biasanya seharga 83 euro (Rp 1,3 juta) untuk penumpang berusia di atas 26 tahun, didistribusikan secara gratis untuk semua penduduk untuk digunakan antara 1 Juli dan 1 Desember. Orang-orang Belgia juga dapat membawa sepeda mereka di kereta secara gratis.

Jenis transportasi kereta di Belgia memang menjadi favorit. Ibu kota Belgia, Brussels, dan kota-kota besar seperti Bruges, Ghent dan Antwerp, semuanya dapat diakses dengan kereta api, seperti juga bukit-bukit berhutan di wilayah Ardennes.

Selain menggratiskan tiket kereta, pemerintah juga memberikan potongan PPN, pembayaran kesejahteraan yang lebih tinggi, dan hadiah cek 300 euro (Rp 4,7 juta) yang diperoleh dari keringanan pajak perusahaan kepada karyawan mereka untuk digunakan di restoran atau dalam perjalanan ke teater atau museum, seperti dikutip dari CNN, Senin (9/6).

Namun, pemberian tiket gratis itu disesalkan oleh perusahaan kereta api nasional karena ternyata pemerintah tidak berkonsultasi dengan mereka terlebih dahulu.

Kepala perusahaan kereta api umum SNCB mengkritik langkah pemerintah yang kurang berkoordinasi kepada mereka.

"Kami pikir itu hal yang baik bahwa pemerintah kami ingin mempromosikan penggunaan transportasi umum sebagai cara perjalanan yang berkelanjutan," kata juru bicara SNCB Dimitri Temmerman.

"Namun, cara pengambilan keputusan ini tanpa konsultasi. Ini menjadi perhatian serius. Pembagian kereta gratis ke seluruh penduduk Belgia dikhawatirkan akan berdampak pada keselamatan sanitasi para pelancong dan staf kami.

"Itulah sebabnya kami meminta konsultasi segera untuk menghindari risiko kepadatan di kereta. Pada saat yang sama, aspek logistik dan keuangan perlu diklarifikasi," kata Temmerman.

Kebijakan pemerintah terhadap pemberian tiket gratis juga akan berpotensi membebani jaringan kereta api Belgia dengan hampir 100 juta perjalanan ekstra pada tahun 2020.

Belgia termasuk negara yang cepat melonggarkan lockdown di saat kondisi belum memungkinkan. Belgia memiliki salah satu tingkat kematian per kapita yang lebih tinggi di Eropa, dengan lebih dari 9.600 kematian di negara dengan populasi 11,5 juta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA