Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Benarkan Insiden Pelompatan Dua ABK WNI Dari Kapal China, Kemlu: Kita Masih Lakukan Pendalaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 10 Juni 2020, 13:12 WIB
Benarkan Insiden Pelompatan Dua ABK WNI Dari Kapal China, Kemlu: Kita Masih Lakukan Pendalaman
Ilustrasi kapal ikan berbendera China/Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membenarkan adanya insiden pelompatan dua anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia dari kapal ikan berbendera China, Lu Qing Yuan Yu 901, di Selat Malaka.

"Benar ada dua ABK kita yang salah satunya dari Pemantang Siantar dan lainnya Sumbawa yang memutuskan melompat dari kapal berbendera RRT," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha dalam briefing media mingguan pada Rabu (10/6).

Judha menjelaskan, dua ABK tersebut ditemukan oleh nelayan Indonesia pada 6 Juni 2020 dan langsung dibawa ke Polsek Karimun.

"Mereka berada dalam keadaan sehat," ucap Judha.

"Kita masih melakukan pendalaman kasus ini lebih lanjut dengan Kepolisian RI," tambahnya.

Sementara itu, Polres Karimun  mengungkapkan, dua ABK tersebut diketahui bernama Andri Juniansyah (21 tahun) dan Reynalfi (30 tahun).

“Pada saat kapal berbendera China tersebut melewati di line STS di perairan Karimun, kedua pemuda warga negara Indonesia tersebut meloncat dan terjun dari kapal dengan menggunakan life jacket,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan AS.

Menurut Adenan, dua ABK tersebut sudah merencanakan untuk melarikan diri dari kapal tempat mereka bekerja karena tidak tahan atas tindakan kasar dan kurang berprikemanusiaan yang mereka dapatkan selama bekerja di kapal tersebut.

Lebih lanjut, Adenan menjelaskan, dua ABK tersebut sempat terombang-ambing di laut selama tujuh jam sebelum ditemukan oleh nelayan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA