Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikut Dalam Penggalangan Dana Virtual Kampanye Joe Biden, Kamala Harris Selangkah Menuju Posisi Cawapres?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 10 Juni 2020, 15:12 WIB
Ikut Dalam Penggalangan Dana Virtual Kampanye Joe Biden, Kamala Harris Selangkah Menuju Posisi Cawapres?
Calon Presiden Amerika Serikat Joe Biden/Ilustrasi RMOL
rmol news logo Penggalangan dana virtual yang dilakukan oleh calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Joe Biden berhasil mengumpulkan dana hingga 3,5 juta dolar AS awal pekan ini.

Penggalangan dana yang merupakan bagian dari kampanye kepresidenan Biden itu diselenggarakan bersama dengan Senator Kamala Harris, sosok potensial yang digadang-gadang akan mendampingi Biden sebagai walon wakil presiden dalam pemilu presiden tahun ini.

Penggalangan dana besar-besaran itu dilakukan pada Selasa (9/5) dan sebagian besar dipicu oleh kontribusi dari 1.400 donor.

Kegiatan tersebut menandai langkah kedua terbesar sejauh ini bagi Biden. Sebelumnya, kegiatan serupa berhasil mengumpulkan hingga empat juta dolar AS pada awal bulan ini.

Meski Biden belum mengumumkan siapa sosok yang akan mendampinginya berlaga dalam pemilu presiden November mendatang, namun Harris sejauh ini telah menjalani pemeriksaan untuk mengisi posisi tersebut.

"Dia (Biden) adalah seseorang yang, apakah satu lawan satu atau berbicara kepada bangsa, selalu memiliki perasaan tentang bagaimana orang mengalami dunia ini, dan apa kebutuhan mereka," kata Harris, mengenai Biden, seperti dikabarkan The Hill.

Biden sendiri telah berjanji untuk memilih seorang wanita sebagai orang nomor dua yang akan mendampinginya dalam pemilu tahun ini. Dia berharap dapat mengumumkan kepada publik siapa sosok yang akan mendampinginya pada 1 Agustus mendatang.

Namun, beberapa waktu belakangan muncul tekanan yang meningkat agar Biden memilih seorang wanita kulit hitam sebagai pendampingnya. Salah satu tujuannya adalah untuk menghapus isu rasisme yang belakangan kembali memanas di negeri Paman Sam pasca kematian seorang pria kulit hitam bernama George Floyd di tangan polisi berkulit putih di Minneapolis.

Di tengah tekanan itu, nama Harris semakin menyita perhatian. Dia adalah wanita kulit hitam kedua yang terpilih menjadi anggota Senat. Dia juga telah menjadi advokat penting bagi reformasi polisi sejak pembunuhan Floyd.

Biden sendiri sangat vokal menyerukan keadilan atas kasus pembunuhan Floyd.

"Bangsa kita terguncang dalam kesedihan dan kemarahan atas pembunuhan brutal George Floyd atau rasisme sistemik yang masih menginfeksi setiap bagian masyarakat kita, sebagaimana Kamala tahu lebih baik daripada siapa pun. Pada saat yang sama, kita menghadapi bencana ekonomi terburuk sejak Depresi Hebat," kata Biden dalam acara penggalangan dana tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA