Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Langkah Menuju Perdamaian Afganistan, Presiden Ashraf Ghani Akan Kembali Berunding Dengan Taliban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 12 Juni 2020, 09:18 WIB
Langkah Menuju Perdamaian Afganistan, Presiden Ashraf Ghani Akan Kembali Berunding Dengan Taliban
Presiden Afganistan, Ashraf Ghani/Net
rmol news logo Setelah melakukan perjanjian politik dengan rivalnya, Presiden Afganistan, Ashraf Ghani, dilaporkan telah sepakat untuk mengadakan putaran baru perundingan dengan Taliban.

Rencananya, perundingan tersebut akan kembali diadakan di Doha, Qatar. Rencana tersebut juga dibenarkan oleh Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri Qatar, Mutlaq Al-Qahtani

"Presiden Ghani setuju untuk mengadakan negosiasi dengan Taliban di Qatar," ujar Al-Qahtani kepada Al Jazeera, pada Jumat (12/6).

Sebelumnya, Al Jazeera melaporkan, Al-Qahtani juga bertemu dengan Ketua Dewan Tinggi Afghanistan untuk Rekonsiliasi Nasional, Abdullah Abdullah di Kabul.

Dalam kesempatan tersebut, Abdullah mengatakan menghargai upaya Doha yang bertujuan untuk memastikan perdamaian dan keamanan di Afghanistan.

Proses perdamaian di Afganistan sendiri mulai mendapat titik terang. Bulan lalu, Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah telah menandatangani perjanjiaan pembagian kekuasaan yang mengakhiri kebuntuan politik di Afganistan.

Kemudian, beberapa hari setelahnya, Taliban mendeklarasikan gencatan genjata sukarela pada 23 Mei, dalam rangka menyambur Hari Raya Idul Fitri. Meski setelah 26 Mei, pertempuran kembali berlanjut.

Gencatan senjata, bersama dengan dimulainya pembicaraan internal Afghanistan dan pertukaran tahanan antara Kabul dan Taliban merupakan bagian dari kesepakatan damai yang berhasil dicapai dengan mediasi dari Amerika Serikat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA