Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesawat Militer AS Seliweran Di Langit Taiwan, China Naik Pitam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 12 Juni 2020, 09:41 WIB
Pesawat Militer AS Seliweran Di Langit Taiwan, China Naik Pitam
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Kemarahan China kepada Amerika Serikat (AS) semakin menjadi setiap harinya. Termasuk ketika pesawat militer negeri Paman Sam kerap berseliweran di langit Taiwan.

Misalnya saja insiden pada Senin (8/6). Pesawar kargo Angkatan Laut AS, C-40A, diketahui telah terbang di sepanjang Pulau Formosa selama penerbangan dari Okinawa ke Thailand. Penerbangan tersebut juga sudah mendapatkan izin dari Kementerian Pertahanan Taiwan.

Menanggapi manuver pada Senin, Kantor Urusan Taiwan-China pada Kamis (11/6) menuding AS telah melakukan tindakan ilegal dan provokatif.

"Itu adalah tindakan ilegal dan insiden provokatif serius. Kami menyatakan ketidakpuasan yang kuat dan oposisi yang tegas," ujar kantor tersebut kepada Global Times.

Sementara itu, CGTN melaporkan, jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying pada hari yang sama juga mendesak AS untuk mematuhi prinsip Satu China.

"Kami mendesak pihak AS untuk secara ketat mematuhi prinsip Satu China dan ketentuan dari tiga komunike bersama China-AS serta untuk segera menghentikan tindakan ilegal dan provokatif seperti itu," ujar Hua kepada wartawan.

Pada Selasa (9/6), sehari setelah pesawat militer AS terbang, Angkatan Udara Taiwan mencegah beberapa jet SU-30 milik China di Selat Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA