'Back The Blue' Dukungan Moril Untuk Polisi Pasca Kerusuhan AS

Sederet polisi Tampa berdiri di jalan di Tampa Timur/Net

Aksi Protes dan kerusuhan rasial yang mendominasi Amerika Serikat dalam beberapa minggu tak pelak meruntuhkan moril para polisi. Kristen Krutz, seorang pengusaha di Florida, menilai perlu adanya dukungan dan penghargaan untuk para abdi masyarakat ini agar mereka tahu hingga detik ini Amerika masih membutuhkan mereka.

Dukungan kecil seperti mengirimkan mawar biru ke lembaga penegak hukum setempat atau mengantar kopi ke kantor polisi, atau dukungan lain yang bisa dilakukan siapa pun, yang akan membuat aparat terhibur di tengah krisis kepercayaan terhadap mereka.

Krutz berusaha menghubungi beberapa petugas yang dia kenal di negara bagian lain untuk bertanya apa saja yang bisa ia lakukan untuk bisa mendukung moril para aparat dan agar warga lain bisa ikut berpartisipasi.

"Orang-orang ini hanya perlu mendengar bahwa Amerika masih mendukung mereka," ungkap Krutz.

Krutz pun berencana membuat reli "Back the Blue" pada Sabtu besok (13/6) di Tampa, sebuah kota di negara bagian Florida. Acara ini dijadwalkan akan dimulai pukul 11 ​​pagi di markas besar Distrik 1 Departemen Kepolisian Tampa.

Rencananya, orang-orang yang akan memberikan dukungan kepada polisi berkumpul di kantor distrik kemudian melakukan pawai pendek dan kembali di sepanjang Tampa Bay Boulevard.

Krutz pun menulis pada postingan media sosialnya mengenai rencana itu.

"Agar semua anggota polisi dan keluarganya, mendengar dan melihat bahwa mereka sangat dihargai. Kami akan bersama dengan mereka yang selama ini mencintai dan melayani warganya," tulis Krutz.

Krutz menekankan, bahwa apa yang ia dan  teman-temannya lakukan adalah untuk meningkatkan moral di kalangan petugas penegak hukum yang mungkin merasa putus asa dengan kekerasan yang dipicu oleh kematian George Floyd.

"Ada pawai damai tentang George Floyd, tetapi kerusuhan adalah tragedi kriminal," kata Krutz. "Para pengunjuk rasa telah menyerang aparat yang tidak ada hubungannya dengan kejadian itu, tidak ada hubungannya dengan kematian seseorang, atau kebrutalan polisi. Kami ingin memberikan pemahaman bahwa masih banyak polisi yang tidak bersalah, yang berusaha menjaga warganya dan memberikan perlindungan."

Menurut Krutz, kekerasan yang dilakukan beberapa aparat polisi kepada Floyd atau kepada yang lainnya, bukan berarti bahwa semua polisi melakukan hal yang sama.

Presiden Asosiasi Kepedulian Polisi Tampa, Darla Portman, mengatakan ia belum pernah mendengar tentang demonstrasi 'Back The Blue' ini, sampai seorang wartawan dari Tampa Bay Times menanyakannya, dan dia langsung menyambut baik acara itu.

Portman mengungkapkan bahwa kerusuhan yang memecahkan Amerika akibat protes rasial, telah menjatuhkan moril polisi hingga mereka merasa sangat terpukul.

"Mungkin itu yang terendah yang pernah kulihat dan aku sudah di sini 18 tahun," Portman, seperti dikutip dari Tampabay.

Saat mengamankan aksi protes, polisi dan semua aparat petugas pengaman warga telah bekerja keras. Mereka kelelahan karena shift yang panjang, kepanasan, dan terluka oleh serangan verbal dan fisik, kata Portman.

Mereka juga memahami kemarahan warga, tetapi menurut Portman kemarahan itu telah salah arah.

"Mereka (para polisi) bersedia untuk melakukan yang terbaik, tetapi mereka merasa disalahkan atas kebijakan dan peraturan-peraturan yang membuat petugas polisi pergi ke sana lebih seperti robocop daripada petugas polisi  yang sebenarnya," ungkap Portman.

Petugas polisi telah diperintahkan untuk "lebih banyak mundur" tanpa perlawanan, dan hanya jika sangat terdesak barulah beraksi.

Sangat disayangkan, ketika sebuah insiden terjadi karena ulah seorang aparat, warga melampiaskan amarahnya kepada semua aparat. Ketika terjadi kerusakan, polisi juga yang disalahkan.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet Dan Koalisi 2024

Selasa, 20 April 2021
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021

Artikel Lainnya

Putra Mahkota MBS: China Mitra Penting Arab Saudi Dan Saudara Yang Dapat Dipercaya
Dunia

Putra Mahkota MBS: China Mit..

21 April 2021 06:16
Terjebak Kasus Voice Phising Di Korsel, Mahasiswa Indonesia Butuh Bantuan Sewa Pengacara
Dunia

Terjebak Kasus Voice Phising..

20 April 2021 22:39
Kronologi Penangkapan Mahasiswa Indonesia Di Korsel, Terjebak Voice Phising Dengan Kerugian Rp 468 Juta
Dunia

Kronologi Penangkapan Mahasi..

20 April 2021 21:51
Tolak Hegemoni, Xi Jinping: Dunia Harus Dikendalikan Semua Negara, Bukan Satu
Dunia

Tolak Hegemoni, Xi Jinping: ..

20 April 2021 17:42
Pangeran Harry Kirim Surat Untuk Sang Ayah Sebelum Terbang Ke Inggris
Dunia

Pangeran Harry Kirim Surat U..

20 April 2021 17:18
Awal Mei, India Izinkan Vaksinasi Covid-19 Kepada Penduduk Berusia Di Atas 18 Tahun
Dunia

Awal Mei, India Izinkan Vaks..

20 April 2021 17:01
Joe Biden Dan Jimmy Carter Berduka Atas Meninggalnya  Walter Mondale: Dia Wakil Presiden Terbaik Dalam Sejarah AS
Dunia

Joe Biden Dan Jimmy Carter B..

20 April 2021 16:47
Mantan Wakil Presiden AS Walter Mondale Meninggal Dunia Di Usia 93 Tahun
Dunia

Mantan Wakil Presiden AS Wal..

20 April 2021 16:40