Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS-Irak Kembali Tegaskan Komitmen Rencana Penarikan Pasukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 12 Juni 2020, 11:52 WIB
AS-Irak Kembali Tegaskan Komitmen Rencana Penarikan Pasukan
Tentara Amerika Serikat di Irak/Net
rmol news logo Rencana Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk menarik pasukannya dari Irak semakin nyata. Perdana Menteri Irak, Mustafa Al-Kadhimi bahkan kembali menegaskan komitmen tersebut.

Dalam Dialog Strategis AS-Irak, kantor berita negara  INA pada Jumat (12/6) melaporkan, kedua negara sudah mengakui keputusan parlemen Irak pada awal tahun ini untuk penarikan pasukan AS dan pasukan koalisi lainnya.

Meski begitu, seperti dikutip dari Reuters, kantor berita tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Juga tidak jelas apakah penarikan itu termasuk pelatih militer yang oleh sebagian besar pihak, termasuk beberapa yang didukung oleh kelas berat regional Iran, mengatakan akan diterima untuk tetap di Irak.

Seperti halnya yang dikatakan oleh Al-Kadhimi, dalam pernyataan bersama Dialog Strategis AS-Irak, Washington mengatakan akan terus mengurangi pasukan dan membahas dengan pemerintah Irak status pasukan yang tersisa.

AS juga menekankan pihaknya tidak akan mencari pangkalan permanen atau kehadiran militer permanen di Irak.

Dalam dialog tersebut, AS juga menawarkan untuk memberi penasihat ekonomi yang bisa bekerja secara langsung dengan pemerintah Irak untuk membantu memajukan dukungan internasional bagi upaya reformasi Irak.

Tawaran tersebut diberikan karena kondisi pandemik Covid-19 yang sudah meruntuhkan ekonomi hampir semua negara, tidak terkecuali Irak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA