Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Upaya AS Hentikan Pendanaan Iran Untuk Houti, Cegah Hizbullah Di Perbatasan Arab Saudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Juni 2020, 12:55 WIB
Upaya AS Hentikan Pendanaan Iran Untuk Houti, Cegah Hizbullah Di Perbatasan Arab Saudi
Anggota gerakan Syiah Lebanon, Hizbullah, ikut serta dalam peringatan Asyura di pinggiran selatan Beirut/Net
rmol news logo Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Iran, Brian Hook, mengatakan bahwa Washington sedang berupaya menghentikan pendanaan Iran untuk Houthi. AS tidak ingin melihat Hizbullah lain di perbatasan Arab Saudi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hook mengatakan dia telah bertolak ke Arab Saudi untuk melihat semua senjata yang telah diekspor Iran ke Houthi di Yaman.

“Tekanan akan terus dipertahankan oleh pemerintahan Trump untuk membuatnya menjadi ‘sangat mahal’ bagi rezim Iran untuk terus mendanai Hizbullah dan proksi Iran lainnya,” kata Hook, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (11/6)

Dia mengatakan jika pemerintah lain ingin menargetkan rezim Iran, strategi perlu difokuskan pada tiga pilar, yaitu tekanan ekonomi, isolasi diplomatik dan ancaman kredibilitas militer.

Menurut Hook, pengaruh Iran di Irak telah menyebar sejak pembunuhan Komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani.

“Itu karena Soleimani tidak lagi hidup untuk berorganisasi,” katanya.

Beralih ke Suriah, Hook mengatakan Washington tidak akan memberikan sepeser pun bantuan rekonstruksi sampai kita melihat pasukan Iran keluar dari Suriah.

AS memperkirakan, butuh sekitar 400 miliar dolar untuk membangun kembali Suriah yang dilanda perang, dan Rusia tidak akan mampu membayar itu.

“Rusia tidak mampu membayar, dan mereka tahu bahwa akan perlu ada donor internasional."mereka tahu bahwa akan perlu ada donor internasional.”

“Kami ingin melihat semua pasukan Iran dan semua pasukan di bawah komando Iran untuk keluar dari Suriah,” kata Hook, seraya menambahkan bahwa telah ada perubahan taktik yang nyata untuk pasukan Iran setelah serangan udara Israel yang menargetkan Teheran di Suriah.

Sementara untuk urusan Lebanon, Hook mendukung sanksi untuk Hizbullah.

“Jika kita tidak memberi tekanan pada Hizbullah, kita akan melihat Hizbullah berkembang dan itu tentu akan berdampak buruk bagi rakyat Lebanon dan wilayah tersebut.”

Meskipun demikian, pemerintahan Trump masih berharap untuk membuat kesepakatan nuklir baru dengan Iran.

“Kita tidak perlu menyelesaikan ini dengan kekuatan militer dan presiden telah membuka pintu lebar-lebar untuk diplomasi selama tiga tahun. Ada daftar panjang negara-negara yang telah mengajukan banding ke rezim Iran mengatakan kepada mereka untuk mengurangi dan datang ke meja perundingan, “katanya, menyebut Jepang dan Prancis sebagai contoh.

Jika kesepakatan baru tercapai dengan pemerintahan saat ini, Hook mengatakan dia bermaksud untuk menyerahkannya kepada Senat AS sebagai perjanjian.

Masalah lain yang menjadi perhatian bagi Washington adalah embargo senjata terhadap Iran, yang akan berakhir pada bulan Oktober mendatang.

AS telah berupaya melakukan pembicaraan dengan negara-negara anggota PBB untuk mendorong pembaruan embargo. Terkini, Cina dan Rusia telah dilaporkan menentang perpanjangan embargo tersebut.

Tapi Hook mengatakan dia telah melakukan pembicaraan konstruktif"dengan kedua negara yang disebut Iran sebagai teman sejati itu.

“Kami berharap diplomasi kami berhasil. Dengan cara apapun kami akan memperpanjang embargo senjata,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA